Drainase Jalan Petir Diperbaiki

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Senin, 11 Februari 2019 - 11:27:49 WIB   |  dibaca: 167 kali
Drainase Jalan Petir Diperbaiki

DIKERUK: Saluran air di Jalan Raya Petir tepatnya di Lingkungan Lebak, Kelurahan Cipocok Jaya, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, dikeruk, Minggu (10/2).

SERANG- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten memperbaikii drainase Jalan Raya Petir, tepatnya di Lingkungan Lebak, Kelurahan Cipocok Jaya, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, dengan memasang gorong-gorong, Minggu (10/2). Pemasangan gorong-gorong agar saluran air kembali mengalir lancar.

Pantauan Banten Raya di lokasi sekitar pukul 09.30, alat berat jenis beko dari Dinas PUPR Banten tengah menggali drainase agar saluran menjadi lebih dalam dan lebar. Sementara sejumlah pekerja lainnya menurunkan gorong-gorong cetakan beton yang berada di atas bak truk diturunkan menggunakan crane. Sedangkan mobil truk berwarna biru menyedot limbah dan air yang masih memenuhi drainase.

Salah seorang pekerja dari Dinas PUPR Banten mengatakan, pemasangan gorong-gorong yang dilakukan hanya beberapa titik yang dinilai menyumbat aliran limbah. “Tidak sepanjang drainase kita pasang gorong-gorong. Cuma beberapa titik aja, contohnya jalan masuk kendaraan dan jalan masuk ke toko atau warung. Itu pun yang kita anggap salurannya mampet. Soalnya kalau dipasang semua, nanti ada pelebaran jalan kan dibongkar lagi,” kata pria berkaos berwarna biru yang enggan disebutkan namanya.

Ia berharap warga Lingkungan Lebak dapat menjaga kebersihan di lingkungannya. “Limbahnya sudah kita sedot, sampahnya sudah kita keruk, dan sekarang kita pasang gorong-gorong. Harapan kami warga juga turut menjaga kebersihannya. Jangan sampahnya dibuang ke saluran lagi, nanti mampet lagi. Kalau gitu terus nanti banjir-banjir lagi. Yang repotkan warga-warga juga nantinya,” ujar dia.

Eti, salah seorang warga Lingkungan Lebak yang juga pemilik warung rokok dan kopi mengaku dirinya senang atas respons sigap yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten. “Iya senang Alhamdulillah. Mudah-mudahan setelah dipasang gorong-gorong ini airnya lancar dan gak banjir lagi,” kata Eti.

Ia pun berjanji akan menjaga kebersihan di lingkungannya dan tidak membuang sampah di drainase supaya tidak sering kebanjiran lagi. “Iya kalau saya sendiri siap. Asalkan disediakan juga tempat sampahnya supaya warga buangnya tidak sembarangan lagi,” ungkap dia.

Senada dikatakan Hambali warga Lingkungan Lebak lainnya yang juga berjualan di pinggir jalan raya Petir. Ia mengapresiasi atas aksi cepat pemerintah daerah dengan memasang gorong-gorong. “Iya mudah-mudahan airnya lancar dan tidak mampet lagi soalnya di jalan ini hujan gak hujan banjir terus,” kata Halim.

Ia pun mengusulkan drainase yang sudah diperbaiki agar ditutup supaya warga tidak membuang sampah liar sembarangan. “Kalau bisa ditutup semua. Soalnya kan ini jalan raya. Takutnya ada warga buang sampah sembarangan lagi. Saya tidak tahu yang buang sampah sembarangan. Tahu-tahunya salurannya mampet,” usul Hambali. (harir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook