Untirta Akan Terapkan Perkuliahan Berbasis Daring

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Senin, 11 Februari 2019 - 11:32:42 WIB   |  dibaca: 377 kali
Untirta Akan Terapkan Perkuliahan Berbasis Daring

WORKSHOP: Suasana Workshop Persiapan Perkuliahan Berbasis Daring yang digelar di ruang Rapat Rektorat, kemarin.

SERANG - Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melaksanakan workshop persiapan perkuliahan berbasis daring dan checker plagiarisme bertempat di ruang rapat rektorat Untirta kampus Pakupatan Serang.

Kegiatan tersebut dihadiri Rektor Untirta H. Sholeh Hidayat, Wakil Rektor I Bidang Akademik H. Fatah Sulaiman, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan H. Suherna, para wakil dekan bidang akademik, para ketua jurusan dan pengelola jurnal di lingkungan Untirta. Narasumber kegiatan yaitu Ririana dari Igroup yang merupakan vendor resmi turnitin Indonesia untuk checker plagiarisme.

Rektor Untirta dalam sambutannya menyampaikan bahwa workshop ini merupakan bentuk respons hasil Rakernas Kemenristek Dikti tahun 2018 lalu yang hasil kesimpulannya sudah disebarkan kepada Senat Untirta.

“Dengan kemajuan teknologi informasi ini, salah satu pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh artifisial intelejen itu adalah profesi dosen dan guru, dengan catatan selama dalam diri kita masih ada peran pendidiknya," kata Rektor, kemarin.

Rektor menambahkan bahwa guru atau dosen yang hanya mentransfer ilmu, bisa digantikan oleh teknologi informasi. Oleh karena itu, guru dan dosen tidak hanya mentransformasi ilmu pengetahuan, namun ada nilai pendidikan karakter yang disampaikan kepada mahasiswa.

Di lokasi yang sama, Wakil Rektor I Bidang Akademik Untirta H. Fatah Sulaiman menjelaskan tentang metode perkuliahan berbasis daring yang  telah dipersiapkan oleh Untirta, untuk menjawab tantangan zaman terkait perkembangan teknologi informasi.“Komposisinya harus proporsional, terarah dan di awal ini kita harus mendapatkan formula yang pas terkait perkuliahan daring yang digabungkan dengan face to face," katanya.

Dalam upaya tersebut, kata Fatah, Untirta telah melaksanakan beberapa program yang salah satunya yaitu dengan mengirimkan dosen yang berkompeten untuk mengikuti pelatihan di Universitas Terbuka yang telah lama melaksanakan perkuliahan berbasis daring."Dosen yang kuliat di Universitas Terbuka ini mampu mentransformasi pengalaman saat kuliah, kepada mahasiswanya," ungkpanya.

Ririana salah seorang pembicara mengatakan, checker plagiarisme ini memiliki kemudahan dan akurasi yang baik dalam hal check plagiarisme. Untirta terus melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk komitmen sebagai perguruan tinggi negeri dengan predikat A (Unggul). (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook