Tiga Buaya Besar Gegerkan Warga Pamatang

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Senin, 11 Februari 2019 - 11:55:30 WIB   |  dibaca: 851 kali
Tiga Buaya Besar Gegerkan Warga Pamatang

GEGERKAN WARGA : Buaya muncul di Sungai Cisata yang membuat geger warga setempat, kemarin.

PAGELARAN - Warga Kampung Pamatang, RT 01 RW 02, Desa Bulagor, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang digegerkan dengan penemuan tiga ekor buaya di aliran Sungai Cisata, Sabtu (9/2). Buaya berukuran besar itu diketahui warga ketika memancing ikan. Kepala Desa Bulagor Enting Jaenudin membenarkan sudah memperoleh laporan adanya penampakan buaya di Sungai Cisata dari warga setempat.

Setelah menerima laporan itu, pihaknya langsung mengecek ke lokasi sungai untuk memastikan kebenarannya. "Benar warga kami ada yang lihat buaya besar, totalnya ada tiga ekor," kata Enting, dihubungi melalui telepon, Minggu (10/2).

Munculnya buaya itu, kata Enting, sempat membuat warga terkejut. Sebab, sebelumnya Sungai Cisata tidak pernah adanya penampakan buaya. "Ya pada heran saja, kan sungai itu gak pernah ada buaya, pas adanya buaya sekarang sungai cisata jadi tontonan warga sekitar. Sekarang saja warga masih ada yang penasaran ingin melihat buaya itu lagi," ujarnya.

Dijelaskannya, buaya tersebut sering muncul di bantaran Sungai Cisata dalam beberapa hari belakangan ini. Enting pun akan segera berkoordinasi dengan dinas terkait untuk segera turun melakukan penanganan. "Iya suka tiba-tiba muncul. Nanti kita akan laporkan ke kecamatan dan kabupaten, karena warga khawatir buaya itu naik ke darat," jelasnya.

Menurutnya, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pihak desa sudah meminta warga yang tinggal di tepian Sungai Cisata untuk lebih berhati-hati. "Kita sudah ingatkan dan memberikan imbauan kepada warga supaya gak bermain di lokasi sungai, kami takut nanti secara tiba-tiba buayanya muncul lagi. Kita harus tetap waspada," imbuhnya.

Camat Pagelaran Marda belum mengetahui secara pasti kebenaran penemuan buaya di Sungai Cisata. "Sebenarnya, kebenaran kemunculan buaya itu saya juga belum mengetahui secara pasti karena belum lihat ke lokasi untuk menyaksikan sendiri. Informasi kemunculan buaya itu kan awalnya dari masyarakat," katanya.

Menurutnya, pihak kecamatan akan melakukan koordinasi dengan BPBD Pandeglang agar segera turun ke lokasi penemuan buaya. Marda mengimbau warga untuk tidak bermain di lokasi sungai tersebut. "Nanti kita mau laporkan ke BPBD, mudah-mudah ada solusi, apakah nanti buaya itu ditangkap atau bagaimana saya juga belum tahu," ujarnya.

Kasi Pemadam Kebakaran Kedaruratan dan Logistik BPBD Pandeglang Endan Permana mengatakan, baru mendapat laporan adanya penemuan buaya di Sungai Cisata. Namun dia akan menugaskan anggota untuk turun ke lokasi sungai untuk melakukan pengecekan. "Nanti kita cek. Kita akan koordinasikan dengan desa dan kecamatan. Kalau memang benar, langkah yang dilakukan nanti kita koordinasikan dengan instansi terkait yang menangani buaya," katanya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook