Pemprov Siapkan 300 Formasi PPPK

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 14 Februari 2019 - 14:39:16 WIB   |  dibaca: 345 kali
Pemprov Siapkan 300 Formasi PPPK

SERANG – Pemprov Banten melayangkan usulan formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) ke pemerintah pusat sebanyak 300 kursi. Angka itu berkurang cukup jauh dari rencana awal yang berjumlah 2.000 formasi. Pengurangan dilakukan karena disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Komarudin mengatakan, pihaknya sudah mulai bergerak dalam proses rekrutmen PPPK yang didahului dengan pengusulan formasi. Adapun formasi yang diusulkan ke pemerintah pusat berjumlah 300 posisi.

“Proses administrasi (rekrutmen) dimulai dari formasi. Kemarin kita sudah mengusulkan formasi tentang PPPK, (jumlah formasi) 200 sampai 300-an,” ujarnya kepada wartawan di Pendpo Gubernur Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Rabu (13/2).

Mantan Penjabat (Pj) Bupati Tangerang itu menuturkan, formasi yang diusulkan itu diperuntukan untuk tidak sektor yaitu untuk penyuluh pertanian, tenaga pendidik dan kesehatan. Keputusan itu diambil berdasarkan analisis jabatan. “Masih prioritas di tiga sektor, pendidikan, kesehatan dan penyuluh pertanian,” katanya.

Diakuinya, usulan formasi jika dibandingkan dengan jumlah kebutuhan sumber daya manusia (SDM) masih sangat kurang. Akan tetapi pemprov untuk saat ini belum bisa berbuat banyak karena terbentur dengan kemampuan keuangan daerah. Sebab, PPPK sepenuhnya menjadi tanggungan daerah.

“Kalau lihat formasi sebenarnya lebih banyak lagi kekurangannya. Tetapi kan kita harus lihat kemampuan anggaran. Ini masih proses, artinya kita mengajukan, masih tarik ulur, (formasi pada akhirnya) bisa nambah atau bisa berkurang,” ungkapnya.

Lebih lanjut dipaparkan Komarudin, proses rekrutmen baru akan dilaksanakan setelah ada ketetapan jumlah formasi dari pemerintah pusat. Dia memprediksi, rekrutmen baru akan dilaksanakan mendekati periode penyusunan perubahan APBD 2019. Sebab, dana untuk gaji PPPK saat ini belum dianggarkan di APBD murni 2019.

“Sehingga kita akan anggarkan dulu. Kalau sekarang, nanti diangkat tapi enggak ada gajinya bagaimana? Sementara siklus penganggaran sudah lewat. (Proses rekrutmen) nanti tunggu di (penyusunan APBD) perubahan. Nanti proses seleksi seperti CPNS,” tuturnya.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Aparatur pada BKD Provinsi Banten Herry Purnomo mengatakan, secara normatif proses rekrutmen memang mirip dengan CPNS. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyusun formasi yang kemudian diverifikasi pemerintah pusat.

“Memang proses sama seperti CPNS. Untuk formasi berdasarkan Permenpan (Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) Nomor 2 Tahun 2019, hanya tiga tenaga  untuk PPPK yaitu penyuluh pertanian, kesehatan dengan beberapa jenis lalu dosen atau guru,” ujarnya.

Sama dengan Komarudin, dia mengakui kemungkinan formasi untuk berubah tergantung sangat terbuka. Itu tergantung dari hasil verifikasi dari pemerintah pusat. Terlebih saat ini proses pengalihan SMA/K dari kabupaten/kota belum sepenuhnya rampung.“Kita lihat komposisi di kita karena data yang dari kabupaten/kota untuk SMA, SMK yang menjadi kewenangan kita sekarang juga belum ada,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnnya, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, dirinya belum mengetahui lebih jauh terkait proses rekrutmen PPPK. Pemprov hingga saat ini masih menunggu arahan dari pemerintah pusat. Akan tetapi, jika dilihat dari kebutuhannya pemprov diperkirakan membutuhkan kuota PPPK sebanyak 2.000-an.

“(Proses rekrutmen PPPK) belum, (analisis awal kebutuhan) 2.000-an,” ujarnya kepada awak media usai menghadiri rapat paripurna DPRD Banten di Sekretariat DPRD Provinsi Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Rabu (6/4). (dewa)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

Ade Mahpudin
25 Februari 2019 - 19:51:41 WIB

Assalamualaikum, untuk kuota itu 14 Februari tlg pantau ya, 2 Maret pengumuman nya, mudah-mudahan sesuai Amin

Ade Mahpud
25 Februari 2019 - 19:52:38 WIB

Assalamualaikum, untuk kuota itu 14 Februari tlg pantau ya, 2 Maret pengumuman nya, mudah-mudahan sesuai Amin

  • 1

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook