Bawaslu Tertibkan APK

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 07 September 2018 - 11:46:10 WIB   |  dibaca: 287 kali
Bawaslu Tertibkan APK

MELANGGAR : Anggota Bawaslu dan KPU Kota Cilegon serta Anggota Panwascam Cibeber menertibkan APK parpol yang melanggar di komplek Perumahan Pemda Kota Cilegon, kemarin.

CILEGON – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cilegon kembali melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) berupa spanduk, baliho dan bendera Partai Politik (Parpol). Kali ini, bukan hanya jalur protokol yang menjadi sasaran penertiban, namun juga perumahan Aparatur Negeri Sipil (ASN) di Komplek Pemerintah Daerah (Pemda) Griya Praja Mandiri.


Kepala Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Cilegon Urip Hsyartoni mengungkapkan, penertiban tersebut dilaksanakan dalam rangka menjalankan instruksi Bawaslu Republik Indonesia(RI) yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Bawaslu (RI) Nomor S-0691/K-Bawaslu/PM.00.00/V/2018 perihal pengawasan pelaksanaan kampanye sebelum jadwal tahapan kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

"Sesuai surat edaran kami melakukan pengawasan. Penertiban ini juga dilakukan karena sebentar lagi tahapan kampanye akan dimulai yaitu pada Mingu (23/9), sehingga seluruh APK kami tertibkan," ungkapnya kepada Banten Raya saat melaksanakan penertiban di Perumahan Pemda, Kelurahan/Kecamatan Cibeber, Kamis (6/9).


Menurut Urip, penertiban yang dilakukan Bawaslu Kota Cilegon bukan hanya menyasar Perumahan Pemda saja, namun seluruh wilayah kecamatan yang terdapat APK juga dilakukan penertiban. Hal itu tergantung dengan kesanggupan waktu dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dengan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di kecamatan masing-masing. "Bukan hanya disini kami lakukan penertiban. Semua kecamatan dan jalur protokol akan kami tertibkan. Namun, untuk waktu tidak dilakukan serentak karena masing-masing sudah memiliki agenda penertiban yang harinya berbeda-beda," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Cilegon Siswandi menyatakan, selain belum memasuki masa kampanye, pemasangan APK sesungguhnya akan diatur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon yang menentukan titik pemasangan, sehingga jika pemasangan APK Parpol dan calon anggota legislatif (Caleg) yang menyalahi aturan meski sudah masa kampanye tetap akan ditertibkan.

 "Yang boleh hanya dipasang di sekretariat dan posko pemenangan saja untuk APK atau ketika ada acara rapat internal dan kampanye akbar. Sementara, jika dipasang ditempat yang dilarang seperti sekolah atau tempat umum masjid, jalan dan lainnya tetap menyalahi aturan," terangnya.

Kepala Divisi (Kadiv) Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kota Cilegon Pachturrohman memberikan apresiasi kepada Bawaslu Kota Cilegon yang sudah melakukan penertibkan APK yang dinilai melanggar ketentuan. Ia juga menyatakan dengan adanya penertiban dimaksudkan untuk membangun demokrasi yang adil dalam Pemilu 2019. "Penertiban ini juga bagian dari membangun demokrasi atau pemilu yang adil untuk seluruh peserta pemilu. Kami mengapresiasi kerja Bawaslu yang telah menertibkan seluruh APK yang terpasang," ungkapnya. (uri)     

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook