Peralatan Gita Surosowan Ditelantarkan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Sabtu, 16 Februari 2019 - 11:01:30 WIB   |  dibaca: 158 kali
Peralatan Gita Surosowan Ditelantarkan

DI LUAR: Peralatan marching band GSB nampak disimpan di lahan parkir area Museum Negeri Banten, Jumat (15/2).

SERANG- Peralatan marching band Gito Surosowan Banten (GSB) diduga ditelantarkan. Sebab, alat-alat tersebut dikeluarkan dari tempat penyimpanannya dan dibiarkan berada di luar ruangan di area Museum Negeri Banten selama berhari-hari.

Pantauan di lapangan, peralatan yang di antaranya berupa terompet dan drum itu diletakan di sejumlah titik. Salah satunya di lahan parkir museum yang beratapkan kanopi dan di depan ruang eks pers room Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Harian dan Elektronik Provinsi Banten.

Salah seorang atlet GSB yang enggan disebutkan namanya membenarkan bahwa peralatan marching band sudah beberapa hari dibiarkan berada di luar. “Sudah beberapa hari ini. Alasannya enggak tahu, tiba-tiba dikeluarkan dari ruang penyimpanan saja,” ujarnya, Jumat (15/2).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten Deden Apriandhi Hartawan mengaku tak mengetahui terkait kondisi peralatan marching band GSB yang diduga ditelantarkan. Sebab, kata Deden, Dispora Banten hanya memiliki kewenangan untuk mengurus atlet. Adapun urusan alat menjadi kewenangan Biro Umum Setda Provinsi Banten.“Itu (pemeliharan) kewenangan biro umum, aset dari biro umum. Kita tidak berwenang mengganggu gugat, semuanya kewenangan biro umum,” ujarnya.

Disinggung soal adanya resiko barang menjadi rusak, dia tak bisa berbuat banyak karena dispora tak memiliki kapasitas terkait peralatan. Meski demikian, pihaknya tetap berupaya agar resiko itu tak terjadi. Dirinya sudah melakukan koordinasi dengan Penjabat (Pj) Sekda Banten agar segera meminta biro umum untuk menjaga alat marching band GSB.“Kita sudah kirim surat ke Pak Sekda bahwa sampai saat ini masih kewenangan biro umum. Agar nanti Pak Sekda memerintahkan untuk dijaga,” katanya.

Meski dengan kondisi demikian, para atlet GSB tetap menggelar latihan. Seperti kemarin, mereka tampak tetap berlatih dengan mengambil tempat di Alun-alun Barat Kota Serang. Seperti diketahui, GSB kerap kali mengukir prestasi baik di kejuaraan nasional maupun internasional. Pada Desember 2014, GSB mewakili Indonesia dalam ajang kompetisi World Music Championships 2014 yang dilaksanakan di Stadion Breath of Buriram, Thailand. Dalam kejuaraan tersebut GSB berhasil menduduki peringkat dua.

Tidak hanya itu, pada Agustus 2015 GSB kembali dipercaya untuk mewakili Indonesia untuk mengikuti pertandingan Drums Corp Internasional (DCI) di Indianapolis, Amerika Serikat. GSB sendiri mewakili Asia dalam kejuaraan internasional tersebut, bersama Taiwan. Dua negara ini mewakili Asia karena sudah mengantongi sertifikat marching band dunia. (dewa)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook