CAS Miliki Wisata Religi

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Kamis, 21 Februari 2019 - 11:16:30 WIB   |  dibaca: 452 kali
CAS Miliki Wisata Religi

DIRESMIKAN : Kepala Kanwil Kemenag Banten Ahmad Bazari Syam saat meresmikan miniatur Kabah di Cas Water Park Cikole, Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang, Rabu (20/2).

MAJASARI - Kabupaten Pandeglang kini punya miniatur Kota Suci Makkah. Destinasi wisata religi Wisma Haji Mulyati Cas Water Park Cikole, Kelurahan Sukaratu, Kecamatan Majasari ini menjadi wisata baru masyarakat yang ingin melaksanakan manasik haji layaknya di tanah suci Makkah.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten Ahmad Bazari Syam mengatakan, bangunan miniatur kabah yang didirikan oleh kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) Wisma Haji Mulyajati memiliki korelasi dengan Pandeglang sebagai kota yang kental dengan nilai-nilai agama. "Saya kira miniatur Kabah ini bisa dijadikan sebagai tempat wisata religi," kata Ahmad ditemui usai meresmikan KBIH Wisma Haji Mulyajati, kemarin.

Menurutnya, bangunan tersebut dapat dijadikan sebagai wisata baru untuk masyarakat yang belum pergi ke tanah suci Makkah. Karena saat ini belum ada tempat manasik haji di Banten layaknya di tanah suci Mekkah. "Jawa Barat punya masjid kubah emas di Depok, dan sekarang di Pandeglang sudah ada miniatur kabah karena di Banten belum ada tempat yang seperti itu," ujarnya.

Ahmad memberikan apresiasi atas diresmikannya bangunan miniatur Kabah. Dia berharap bangun itu bisa dijadikan untuk lokasi manasik haji bagi masyarakat umum. "Saya mendukung adanya bangunan miniatur Kabah. Saya berharap semua kelompok bimbingan haji untuk menjadikan bangunan miniatur Kabah tidak hanya dijadikan untuk praktik haji saja, tapi untuk semua jamaah calon haji di seluruh Banten," harapnya.

Kepala Kantor Kemenag Pandeglang Endang mengatakan, bangunan miniatur kabah dapat memberikan pelayanan untuk masyarakat yang akan melaksanakan manasik haji. "Saya sangat berterima kasih kepada KBIH Wisma Haji Mulyajati yang sudah memberikan fasilitas untuk kegiatan praktek ibadah haji. Semoga bangunan kabah, shofa dan marwah yang ada dapat bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Sekretaris Humas dan Publikasi KBIH Wisma Haji Mulyajati Dedi Andriana mengharapkan, bangunan miniatur kabah bisa menjadi lokasi yang dapat direkomendasikan menjadi tempat manasik haji terbaik di Pandeglang umumnya di Banten. "Semoga bisa memberikan manfaat bagi semuanya, karena bangunan miniatur sudah memenuhi standar untuk tempat manasik haji," harapnya.

Dijelaskannya, bangunan miniatur kabah dibuka untuk masyarakat secara umum yang akan melaksanakan manasik haji maupun yang ingin berwisata religi. "Tempat ini dibuka untuk umum, khususnya untuk bimbingan manasik haji dan bisa digunakan untuk manasik haji bagi anak-anak dan dewasa. Sementara jadwal manasik haji dibuka setiap hari Sabtu," jelasnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook