Fordos Akuntansi Ajak Pengusaha Jaga Lingkungan

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Rabu, 27 Februari 2019 - 12:37:47 WIB   |  dibaca: 229 kali
Fordos Akuntansi Ajak Pengusaha Jaga Lingkungan

PAPARAN: Dian Agustia (kiri) saat memaparkan materi dalam Seminar Nasional, kemarin.

SERANG - Adanya perubahan dari sudut pandang dunia bisnis bahwa tujuan organisasi berubah bukan hanya berorientasi pada profit belaka. Namun, menyadarkan sektor bisnis akan pentingnya tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitar. Hal tersebut disampaikan Dian Agustia saat menjadi pembicara Seminar Nasional yang digelar oleh Forum Dosen (Fordos) Akuntansi WIlayah Banten.

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga ini menjelaskan, dengan menerapkan program tanggung jawab sosial terhadap lingkungan, hal ini dapat membawa perubahan dalam bentuk rencana strategis bagi perusahaan guna mempertahankan kelangsungan bisnisnya sampai dimasa yang akan datang.

Ia menilai, saat ini terdapat pergeseran dalam berbisnis yang beretika melalui konsep sustainable development sebagai paradigma baru. Pada awalnya bisnis hanya dibangun dengan paradigma lama berupa single P alias profit semata.

Konsep sustainable development merupakan suatu konsep pembangunan, dimana untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia saat ini (current) tidak boleh mengganggu kemampuan generasi berikutnya (next generation) dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka yang akan datang."Berdasarkan konsep tersebut , maka muncul konsep sustainability management yaitu perusahaan lebih peduli terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar dalam pembangunan komunitas (community development) atau Corporate Social Responsibility (CSR)," katanya kepada peserta, kemarin.

Masih dijelaskan Dian, perusahaan bukan hanya mengejar keuntungan bagi pemilik semata, namun juga harus menjaga dan memberi nilai tambah pada masyarakat dan lingkungannya. maka dengan demikian akan menciptakan nama baik dan reputasi perusahaan, sehingga terjaga citra yang positif.

Untuk mencapai hal tersebut, lanjutnya, perusahaan bisa mengurangi dampak risiko yang merugikan perusahaan, meningkatkan daya saing perusahaan, meningkatkan kepercayaan para pemegang saham dan pemangku kepentingan (stakeholder) lainnya.

Di lokasi yang sama, Ketua Forum Dosen Akuntansi Wilayah Banten, Roza Mulyadi mengatakan, kegiatan ini salah satu upaya Forum Dosen Akuntansi Wilayah Banten untuk memberikan wawasan bagi para dosen akuntansi dan pengusaha yang berada di Banten, bahwa untuk mencapai keuntungan dalam bisnis juga harus memperhatikan lingkungan sekitar."Dalam bisnis tentunya harus mencari keuntungan, namun bagaimana mendapatkan keuntungan tanpa harus merusak lingkungan," imbuhnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook