Teknik Lingkungan Unbaja Ciptakan Lulusan Siap Kerja

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Rabu, 27 Februari 2019 - 12:39:24 WIB   |  dibaca: 300 kali
Teknik Lingkungan Unbaja Ciptakan Lulusan Siap Kerja

PRAKTIK: Mahasiswa dan mahasiswi Teknik Lingkungan Universitas Banten Jaya foto bersama usai melakukan kuliah praktik lingkungan, belum lama ini.

SERANG - Ketua Program Studi Teknik Lingkungan, Ade Ariesmayana mengatakan, Teknik Lingkungan merupakan salah satu jurusan yang terdapat di Fakultas Teknik Universitas Banten Jaya dengan Akreditasi B.Ade sapaan akrabnya mengaku, saat ini lulusan Teknik Lingkungan Universitas Banten Jaya telah tersebar dibeberapa instansi pemerintah, konsultan, industri dan adapula yang sukses dengan berwirausaha tanaman hidroponiknya.

"Teknik Lingkungan Unbaja mempelajari tentang rekayasa dan manajemen lingkungan, seperti Teknologi Penyediaan dan Pengolahan Air Minum, Penyaluran dan Pengolahan Air Limbah, Pengelolaan Limbah B3, Pengelolaan Sampah, AMDAL dan Pencemaran Lingkungan," kata Ade kepada Banten Raya, kemarin.Ia menjelaskan, pelajaran yang dipelajari mahasiswa Teknik Lingkungan Unbaja bertujuan agar lulusannya dapat memecahkan dan menanggulangi masalah-masalah yang berkaitan dengan lingkungan.

Hal tersebut sesuai dengan visi dari Teknik Lingkungan Unbaja yaitu 'Menjadi Program Studi Berwawasan yang Berwawasan Lingkungan, Bermutu dan Inovatif Berbasis Karakter di Provinsi Banten'.Untuk mewujudkan visi tersebut diatas, katanya, Program Studi Teknik Lingkungan Strata I menetapkan misi yaitu menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi yang unggul dalam bidang ilmu pengetahuan, dan teknologi di bidang teknik lingkungan; meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasarana dalam pelaksanaan proses pendidikan dan pengajaran pada Program Studi Teknik Lingkungan Unbaja; mengembangkan dan meningkatkan mutu tatakelola organisasi berbasis teknologi informasi.

"Kami juga memiliki misi meningkatkan citra program studi melalui kerjasama strategis baik dengan pemerintah, institusi pendidikan dan dunia industry di Provinsi Banten; melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan aplikasi hasil-hasil para staf pengajar di lingkungan Program Studi Teknik Lingkungan, dengan memberikan kontribusi dalam pemecahan persoalan lingkungan berbasis masyarakat dan menumbuhkan semangat entrepreneurship berbasis teknologi lingkungan," ungkapnya.

Masih kata Ade, agar kegiatan belajar mengajar lebih bermutu, mahasiswa Teknik Lingkungan Unbaja juga memiliki sarana dan prasarana guna menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Sarana yang dimiliki adalah gedung untuk kegiatan belajar yang dilengkapi dengan AC setiap ruangannya, infocus, whiteboard.

Laboratorium yang digunakan mahasiswa untuk bereksperimen dan melakukan penelitian baik yang berbentuk tugas yang diberikan oleh dosen maupun untuk menyelesaikan penelitian skripsi."Perpustakaan yang bisa dikunjungi oleh mahasiswa dan dosen untuk menambah pengetahuan tentang teknik lingkungan, dan dapat dengan mudah diakses melalui elibrary.unbaja.ac.id," ujarnya."Jaringan internet yang bisa diakses oleh semua mahasiswa dan dosen dilingkungan kampus. Prasarana yang dimiliki adalah lapangan olahraga, parkiran, auditorium serta musola," sambungnya.

Ia menambahkan, Teknik Lingkungan memiliki 58 Mata Kuliah, yang berjumlah 144 SKS yang berdasarkan KKNI berdasarkan dengan 3 bidang konsentrasi, yaitu Teknologi Pengelolaan Limbah, Konservasi Sumber Daya Alam, dan Sistem Manajemen Lingkungan."Teknik Lingkungan Unbaja didukung oleh staf pengajar yang berjumlah 20 orang staf pengajar professional dengan kualifikasi 2 Doktor, dan 18 Master (2 orang sedang menempuh program Doktor)," tutupnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook