KPU Banten Ajak Mahasiswa Pantau Pemilu

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Sabtu, 16 Maret 2019 - 12:28:15 WIB   |  dibaca: 42 kali
KPU Banten Ajak Mahasiswa Pantau Pemilu

SOSIALISASI: Ketua KPU Banten Wahyul Furqon (dua dari kiri) menyerahkan cinderamata kepada mahasiswa ITB, Tangerang, kemarin.

SERANG - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, Wahyul Furqon mengajak mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Ahmad Dahlan berpartisipasi dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019.Menurutnya, mahasiswa sebagai kaum intelektual harus turut serta dalam menyukseskan pemilu. Salah satunya dengan menjadi pemantau pemilu dan turut serta menyosialisasikan Pemilu 2019 kepada masyarakat luas.

“Tidak cukup dengan hanya datang ke TPS, mahasiswa harus menjadi penggerak, memastikan proses demokrasi elektoral ini berjalan dengan baik dan damai,” ucap Wahyul saat kegiatan KPU Goes to Campus di ITB Ahmad Dahlan, Kota Tangerang, kemarin.

Sementara itu, narasumber dari ITB Ahmad Dahlan, Maryogi Jass menjelaskan Pemilu ditinjau dari sisi akademis berdasarkan Undang-undang Dasar 1945 secara jelas menyatakan bahwa Negara Republik Indonesia berdasarkan kepada kedaulatan rakyat.“Pasal 1 ayat (2) UUD hasil amandemen tegas mengatakan kedaulatan ada ditangan rakyat,” ucap Maryogi.

Maryogi juga menjelaskan, Pemilu sebagai sarana demokrasi, menjadi sarana menyalurkan hak pilih setiap orang dalam menentukan pemimpin dan wakil-wakilnya yang akan duduk di lembaga legislatif.“Melalui Pemilu ini juga berperan sebagai pendidikan politik dan sarana pengembangan budaya politik demokratis kepada rakyat,” tutur Maryogi. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook