KPU Tangsel Temukan 5504 DPT Siluman

nurul roudhoh   |   Politik  |   Jumat, 05 April 2019 - 15:16:05 WIB   |  dibaca: 650 kali
KPU Tangsel Temukan 5504 DPT Siluman

BANYAK PR : Petugas KPU Tangsel sedang melayani warga yang akan pindah memilih di kantor KPU Tangsel, Kamis (4/4).

KOTA TANGSEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menemukan 5.504 daftar pemilih tetap (DPT) siluman. Rinciannya yakni 2.158 berupa data ganda, dan 3.346 data tidak valid. KPU Tangsel memastikan data itu akan dicoret dari DPT.

Divisi Data KPU Tangsel Ajat Sudrajat mengungkapkan, jumlah DPT yang ada di Kota Tangsel, berdasarkan rapat pleno KPU pada Desember 2018 sebanyak 948.571 pemilih.KPU berharap, pemilik data ganda dan invalid tersebut segera melakukan pembaharuan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Selanjutnya, data ganda itu dilakukan penghapusan oleh KPU Tangerang Selatan. Diterangkan Ajat, temuan adanya DPT ganda itu, bermula dari laporan Badan Pemenangan Nasional 02, atas adanya dugaan data pemilih ganda dan invalid. "Jadi setelah kami telusuri, benar ada data ganda dan invalid. Misalnya orang yang telah meninggal atau NIK yang terduplikasi," terang Ajat kepada wartawan di kantor KPU Kota Tangsel, Kamis (4/4).

Data ganda itu, lanjutnya terjadi karena keengganan pemilik data KTP, untuk melaporkan data kependudukannya ke Dinas Kependudukan dan Catatan sipil Kota Tangerang Selatan. "Dari jumlah 948.571, DPT 2.158 adalah data ganda, sementara 3.346 lainnya adalah data invalid, yang masih bisa dilakukan perbaikan di Dinas Dukcapil Tangsel," ucap dia.Untuk dapat mendapatkan hak pencoblosan pada 17 April besok, dia berharap pemilik data bermasalah ini melakukan perbaikan. "Tinggal melaporkan saja ke Dinas Dukcapil agar ada data yang valid," katanya. (imron)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook