14 Rumah Warga Rusak Diterjang Puting Beliung

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Rabu, 10 April 2019 - 14:08:42 WIB   |  dibaca: 148 kali
14 Rumah Warga Rusak Diterjang Puting Beliung

RUSAK PARAH: Tim reaksi cepat (TRC) BPBD Kabupaten Serang mendata rumah warga yang terkena angin puting beliung, Selasa (9/4).

SERANG – Sebanyak 14 rumah warga di Desa Nanggung, Kecamatan Kopo rusak akibat dihantam angin puting beliung pada Sabtu (6/4) lalu. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun sejumlah keluarga terpaksa numpang di rumah tetangganya. Adapun rumah yang rusak tersebut tersebar di empat kampung.

Koordinator Pusat Pengendali Operasi (Pusdalop) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang Jhony E. Wangga mengatakan, pihaknya baru menerima laporan terkait angin puting beliung tersebut pada Selasa (9/4) kemarin. “Setelah kita mendapat laporan kita langsung melakukan pendataan dan ternyata memang rumahnya pada rusak parah,” kata Jhoni.

Ia menjelaskan, angin puting beliung yang terjadi di Desa Nanggung tersebut diakibatkan cuaca ekstrem yang terjadi pada Sabtu lalu. “Ada empat kampung yang terdampak, yaitu Kampung Cukanggalih, Kampung Kikik, Kampung Parigi, dan Kampung Parigi Pasir. Sebagian sudah ada yang menempati rumahnya karena sudah dilakukan perbaikan,” ujarnya.

Jhony meminta kepada pihak desa dan kecamatan untuk segera melaporkan ke BPBD jika terjadi bencana di daerahnya masing-masing, sehingga tim reaksi cepat (TRC) bisa secepatnya melakukan pendataan. “Untuk data sudah kita dapatkan untuk kita olah dan kita koordinasikan dengan OPD (organisasi perangkat daerah) terkait untuk kemudian ditindaklanjuti,” tuturnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Serang untuk tetap waspada karena musim hujan masih berlangsung di beberapa kecamatan. “Masyarakat bisa mengantisipasi bencana dengan menebang pohon dekat rumah atau pemukiman yang berpotensi roboh. Bisa juga memotong dahan pohon yang berpotensi patah dan menimpa rumah,” katanya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook