Website Pemkab Diisi Gambar Mobile Legend

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Rabu, 10 April 2019 - 14:09:54 WIB   |  dibaca: 163 kali
Website Pemkab Diisi Gambar Mobile Legend

BERGANTI GAMBAR: Kasi Telematika dan Pengelolaan Data DKIPT Kabupaten Serang Agus Yasa menunjukkan website yang diretas hacker, Selasa (9/4).

SERANG – Website Pemkab Serang di alamat www.serangkab.go.id diretas pihak yang tak bertanggungjawab. Salah satu gambar bupati di artikel berjudul "Bupati Serang Dorong Masyarakat Kelola Sampah," diganti oleh salah satu tampilan Mobile Legends, aplikasi permainan online yang populer akhir-akhir ini.  

Kejadianini baru diketahui pada Selasa (9/4) pukul 08.00 WIB. Belum diketahui motif dari penggugah gambar tersebut namun tim informasi teknologi (IT) Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Telematika (DKIPT) masih melakukan penyelidikan.

“Kemarin kita pulang jam 16.00 WIB sore tidak ada masalah. Pagi-pagi kita mendapatkan laporan ada artikel gambarnya berganti. Tadinya saya pikir saya salah mengklik pada saat mengupload artikelnya, ternyata ada yang memasukan gambar tanpa memiliki otoritas,” kata Agus Yasa, Kasi Telematika dan Pengelolaan Data DKIPT Kabupaten Serang.

Ia menjelaskan, atas kejadian itu, pihaknya bersama tim IT yang ada terus melakukan penyelidikan untuk mendapatkan siapa yang mengupload gambar tesebut. “Siapa yang memasukan sedang dalam penyelidikan. Kalau lognya kan kelihatan yang masuk dari mana saja kemudian kita deteksi. Gambarnya itu, gambar ikon Mobile Legend, kalau artikel yang lain tidak ada perubahan gambarnya,” ujarnya.

Agus menuturkan, penyelidikan dilakukan untuk mengetahui motif dari orang yang mengupload tersebut. Pihaknya akan memberikan teguran keras jika orang mengupload sudah ditemukan. “Nanti ketahuan dia berada dimana. Untuk berapa lama penyelidikan belum bisa dipastikan. Tadi (kemarin-red) setelah kita cek dan kita perbaiki jam 12.00 sudah selesai sudah bisa masuk dan normal kembali,” paparnya.

Agus memastikan, apa yang terjadi dengan webiste Pemkab Serang tersebut bukan peretasan yang dilakukan hacker dan juga bukan dideface karena tidak ada perubahan website secara total. “Saya berkeyakinan lupa log out saja. Kalau saja ikon gambar itu melanggar undang-undang IT kami langsung ke APH (aparat penegak hukum). Karena ini gambarnya masih dalam batas kesopanan kami beri peringatan saja,” paparnya.

Disoal teekait dengan keamanan website, Agus mengungkapkan, tahun lalu pihaknya telah membawa seluruh website yang ada di organisasi perangkat daerah (OPD) ke Badan Sandi Nasional (BSN) untuk dilakukan pemeriksaan atau di check up. “Untuk tahun ini kita belum di check up. Seharusnya memang check up tidak bisa dilakukan sekali dalam setahun karena ilmu IT itu terus berkembang,” katanya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

sablon kaos tasikmalaya
20 April 2019 - 11:25:49 WIB

sablon kaos tasikmalaya

http://ubedzgraphicdesain.blogspot.com/ 2019/04/sablon-kaos-tasikmalaya

sablon kaos tasikmalaya, kaos sablon tasikmalaya, tasikmalaya sablon kaos

ubedzgraphicdesign@gmail.com

  • 1

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook