Korsleting Listrik, Lima Rumah Warga Cangkara Hangus

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Rabu, 10 April 2019 - 14:20:50 WIB   |  dibaca: 126 kali
Korsleting Listrik, Lima Rumah Warga Cangkara Hangus

BAHU MEMBAHU : Warga berbondongbondong memadamkan api dengan alat seadanya, Selasa (9/4).

CARITA - Lima rumah warga Kampung Cangkara, RT 04 RW 01, Desa Sukajadi, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang terbakar, Selasa (9/4). Lima rumah semi permanen yang terbakar itu milik Sani (65), Ari (50), Nawing (50), Sarmedi (50) dan Markusen (35). Informasi yang dihimpun Banten Raya, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 11.00 WIB.

Api pertama kali muncul dari rumah Sani (65) ketika asap sudah mengepul di atas atap. Melihat peristiwa itu, warga berteriak meminta tolong. Warga yang mendengar langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) untuk memadamkan api dengan alat seadanya.

Namun api tidak mampu dipadamkan hingga menyebar ke beberapa rumah di sekitarnya. Tak lama, tiga mobil pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang dan PLTU 2 Kecamatan Labuan datang ke TKP. Sekitar dua jam, api akhirnya dapat dipadamkan oleh petugas.

Kepala Desa Sukajadi Ray Safrudin membenarkan, api pertama kali muncul dari rumah Sani. Sebab, pada saat kejadian rumah tersebut dalam kondisi di tinggal pemiliknya. "Rumah Sani kan lagi gak ada siapa-siapa, lagi pada kerja. Tiba-tiba api keluar dari rumah Sani, terus merambat ke empat rumah yang ada di sebelahnya," kata Safrudin dihubungi melalui telepon, kemarin.

Dijelaskannya, warga sudah berusaha memadamkan api menggunakan alat seadanya. Namun api tidak bisa dipadamkan karena sudah terlalu besar. Tidak lama mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi. "Warga sekitar memadamkan api dengan ember. Makanya, api gak padam sampai-sampai merambat ke rumah lainnya. Gak lama mobil pemadam kebakaran datang dan api baru bisa dipadamkan," jelasnya.

Dari kejadian itu, kata Safrudin, tidak ada korban jiwa. Namun warga mengalami kerugian jutaan rupiah. "Gak ada (korban), semuanya pada selamat, hanya dua rumah warga habis terbakar dan tiga rumah lainnya rusak ringan karena atap rumah mereka terbakar. Sekarang kita lagi mendata berapa jumlah kerugian yang dialami warga, mungkin ratusan juta," ujarnya.

Camat Carita Suntama menerangkan, lima rumah warga yang terbakar dipicu dari arus pendek listrik. Mengingat kampung tersebut padat penduduk. "Dari data sementara kebakaran itu karena aliran listrik. Kalau kerugiannya berapa masih kita data," katanya.

Menurutnya, pihaknya telah melaporkan kejadian itu kepada Dinas Sosial dan BPBD untuk secepatnya menyalurkan bantuan kepada para korban. Sebab, akibat kejadian itu untuk sementara para korban harus tinggal di rumah kerabatnya. "Sudah kita laporan ke dinas terkait. Mudah-mudahan hari ini (kemarin-red) bisa segera ada bantuan karena kasihan perabotan rumah mereka ikut terbakar," harapnya.

Kasi Pemadam Kebakaran, Kedaruratan dan Logistik BPBD Pandeglang Endan Permana berjanji, dalam waktu dekat akan segera menyalurkan bantuan dengan menerjunkan petugas untuk mengkoordinasikan dengan pihak desa dan kecamatan. "Belum ada, masih kita data. Kalau bantuan nantiakan kita kirim," imbuhnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook