Musim Kampanye, Permintaan Sewa Kendaraan Meningkat

nurul roudhoh   |   Bisnis  |   Jumat, 12 April 2019 - 10:36:26 WIB   |  dibaca: 199 kali
Musim Kampanye, Permintaan Sewa Kendaraan Meningkat

TERUS BERKEMBANG: Ketua Asosiasi Pengusaha Rent Car atau Organisasi Pengusaha Rental Mobil Daerah (Asperda) DPD Banten Erwin Suryana berpose di deretan kendaraan miliknya. Di tahun politik ini, bisnis rental mobil cukup menjanjikan.

SERANG –  Pelaku usaha rental mobil di Banten mendapat berkah seiring dengan masifnya kampanye terbuka yang digelar sejumlah partai politik dan calon presiden. Pasalnya, adanya pesta demokrasi lima tahunan tersebut membuat permintaan sewa mobil meningkat tajam.

Ketua Asosiasi Pengusaha Rent Car atau Organisasi Pengusaha Rental Mobil Daerah (Asperda) Banten Erwin Suryana mengatakan, dampak dari banyaknya kegiatan kampanye dan kunjungan calon presiden ke Tanah Jawara membuat penguasa rental mobil kewalahan memenuhi pertmintaan sewa kendaraan.

“Adanya pemilihan presiden tahun ini buat pengusaha rental itu membawa berkah. Karena pada momen ini banyak kunjungan kampanye, banyak tim sukses caleg (calon legislatif) juga yang kontrak dengan kita,” kata Erwin Suryana kepada Banten Raya, Kamis (11/4).

Bahkan kata Erwin, sejumlah tim sukses (timses) partai politik dan timses calon presiden sudah melakukan pemesanan sewa kendaraan jauh-jauh hari sebelum masa kampanye.
“Misalnya capres 01 dan capres 02 dateng ke Banten dia pasti sewa kendaraan. Bahkan caleg itu rata-rata mereka sewa kendaraan tiga sampai empat bulan saat masa kampanye. Alhamdulillah kita member-member Asperda Banten  adanya hajatan pilpres dan pileg kebagian berkahnya,” katanya.

Ia mencatat, selama satu tahun Asperda DPD Banten berdiri dan adanya pesta demokrasi tahun ini, permintaan sewa kendaran atau mobil di Banten tumbuh sebesar 50 persen hingga 60 persen.“Provinsi Banten ini kan kota yang lagi terus tumbuh, jadi bisnis jasa ini juga sedang tumbuh pesat sekarang. Bahkan, member kita dalam satu tahun terakhir ini mengalami lonjakan permintaan sewa kendaran yang cukup tinggi. Pertumbuhannya itu antara 50-60 persen,” katanya.

Selain adanya momen kampanye pilpres dan pileg, tingginya permintaan sewa kendaraan selam satu tahun terakhir ini, kata Erwin karena Provinsi Banten juga merupakan termasuk kota jasa, perdagangan dan industri.“Kota Serang ini kan Ibu Kota Provinsi Banten, jadi banyak tamu yang datang, selain itu daerah ini juga merupakan kota industri. Sektor industri ini memberikan implikasi permintaan terhadap jasa sewa kendaran yang tinggi juga,” katanya.

Erwin menyebutkan, salah satu perusahaan ternama di Kota Cilegon misalnya, dalam setahun bisa melakukan sewa kendaraan paling sedikit minimal 100 unit kendaraan.“Satu perusahaan saja misalnya PT Asahimas Chemical itu rata-rata sewa 80-90 unit kendaran. Kemudian PT Chandra Asri Petrochemical itu sewanya diatas 100 unit setiap tahunnya. Dan itu yang selam ini belum ditangkap oleh pengusaha lokal. Kebanyakan mereka memakai vendor jasa sewa kendaraan dari luar daerah. Misalnya dari Jakarta,” pungkasnya. (ismet)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook