Pemprov Banten Latih IRT Keterampilan

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Jumat, 12 April 2019 - 11:14:28 WIB   |  dibaca: 228 kali
Pemprov Banten Latih IRT Keterampilan

LATIHAN: Pemateri dan peserta pelatihan keterampilan bagi IRT foto bersama usai kegiatan, kemarin.

CILEGON - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan dan Keluarga Berencana (DPK3AKKB) Banten nampaknya serius menciptakan ketahanan keluarga. Salah satu yang dilakukan adalah, dengan melatih keterampilan kepada ibu rumah tangga (IRT) di wilayah Kota Cilegon.

Kepala DP3AKKB Banten, Siti Ma'ani Nina mengatakan, orientasi pembangunan nasional di berbagai negara di lingkup internasional telah mengalami perubahan dengan menempatkan pembangunan sosial sejajar dengan pembangunan ekonomi.

Kedua aspek pembangunan sosial dan ekonomi tersebut bersifat sejalan dan saling melengkapi. kemajuan pembangunan sosial, yang memposisikan manusia sebagai pusat orientasi pembangunan, akan mendorong terciptanya kemajuan pembangunan dalam aspek ekonomi.  demikian pula sebaliknya. Indonesia sebagai negara yang sedang giat membangun juga telah menempatkan pentingnya aspek sosial dan ekonomi dalam pembangunan nasional secara berkelanjutan.

"Dalam konteks pembangunan sosial di indonesia maka pembangunan keluarga merupakan salah satu isu tematik dalam pembangunan nasional. Upaya peningkatan pembangunan sosial tidak terlepas dari pentingnya keluarga sebagai salah satu aspek penting pranata sosial yang perlu diperhatikan," kata Nina kepada Banten Raya usai menghadiri kegiatan Pembinaan Ketahanan Keluarga dan Keluarga Sejahtera, kemarin.

Ia mengaku, salah satu upaya yang dilakukan DP3AKKB Banten adalah membuat kegiatan yang mendukung  terhadap ketahanan keluarga dengan cara memberikan keterampilan kepada ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok Usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS).  Hal ini dilakukan agar kelompok UPPKS mempunyai peranan yang besar dalam membantu menopang secara ekonomi kebutuhan keluarganya.

"Mulai hari ini para peserta kegiatan pembinaan ketahanan keluarga, akan mendapatkan ilmu dan keterampilan bagaimana membuat tepung dari singkong, umbi, talas beneng, sukun dan lain sebagainya, yang bahan dasar tersebut banyak terdapat di lingkungan sekitar kita," ungkapnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook