KPU Terima Kiriman Balot Pemilu Tambahan

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Senin, 15 April 2019 - 10:59:50 WIB   |  dibaca: 47 kali
KPU Terima Kiriman Balot Pemilu Tambahan

BALOT TAMBAHAN : Ketua KPU Kota Cilegon, Irfan Alfi dan Ketua Bawaslu Kota Cilegon, Siswandi menerima berita acara pengiriman logistik, Minggu (14/4).

CILEGON - KPU Kota Cilegon menerima kekurangan balot atau surat suara untuk semua jenis dan tambahan 2 persen sebanyak 544 lembar, Minggu (14/4).Penerimaan balot tambahan tersebut dilakukan di Gudang 4 KPU Kota Cilegon, Jalan Purbaya, Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon.

Pantauan di lokasi, KPU Kota Cilegon sempat melakukan penolakan terhadap pengiriman balot itu. Pasalnya, 5 kardus balot untuk DPR RI atau sebanyak 2.483 lembar tidak ada. Namun setelah dilakukan pengecekan, ternyata balot DPR RI Kota Cilegon tersebut terbawa ke KPU Kota Serang.

"Awalnya kita tolak, sebab sesuai berita acara pengiriman harusnya ada 5 kardus surat suara DPR RI (Tapi tidak ada). Namun setelah dicek ada di KPU Kota Serang," kata Ketua KPU Kota Cilegon, Irfan Alfi kepada Banten Raya, kemarin.

Irfan menjelaskan, kekurangan balot tersebut sudah melengkapi jumlah kebutuhan daftar pemilih tetap (DPT) plus 2 persen tambahan, yaitu 296.927 dari DPT 290.571.Sebelumnya, balot untuk DPR RI kurang 2.843 lembar, DPR Provinsi Banten sebanyak 727 lembar dan DPRD Kota sebanyak 5.280 lembar."Sekarang sudah lengkap. Tinggal dilakukan pelipatan langsug hari ini (kemarin-red). Diharapkan bisa selesai hari ini dan dibagi besok (Senin). Sebab waktunya sudah sangat mepet sekali," paparnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Cilegon, Siswandi menjelaskan, jumlah tersebut diharapkan bisa lengkap dan minim kerusakan. Pasalnya, jika banyak yang rusak maka akan membuat potensi surat suara berkurang lagi."Semoga yang sekarang rusaknya minim, sehingga jumlahnya bisa pas. Kalau kurang sudah tidak ada waktu lagi untuk logistik," ungkapnya.

Sis -panggilan akrab Siwandi, menjelaskan, untuk pemusnahan sendiri akan direkomendasikan pada Selasa (16/4), sehingga mendekati pemilu dan tidak ada potensi kecurangan."Nanti kita rekomendasikan akhir saja, memastikan semua logistik sudah terdistribusi kepada semua PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan)," ungkapnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook