Pecinta Alam Bersihkan Sampah Balong

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Senin, 15 April 2019 - 11:10:28 WIB   |  dibaca: 143 kali
Pecinta Alam Bersihkan Sampah Balong

PECINTA ALAM: Puluhan pecinta alam membersihkan sampah di Balong Ranca Lentah di Kelurahan Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Minggu (14/4).

RANGKASBITUNG- Sebanyak 30 orang pecinta alam menggelar aksi bersih-bersih sampah di Balong Ranca Lentah, Kelurahan Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Minggu (14/4). Pecinta alam yang ikut aksi berasal dari organisasi pelestari pecinta alam La Tansa Mashiro, KOMPAK, MAHAPEKA, Pacet Adventure, Pemuda Lebak Peduli, Memerang Adventure, Expecia, Apis Mellificia, serta Sispala yang ada di sekolah di Rangkasbitung, Warunggunung dan Muncang.

"Aksi bersih bersih yang dilakukan merupakan bentuk kepedulian kami selaku lintas organisasi pecinta alam. Lantaran prihatin melihat banyak sampah di Balong Ranca Lentah," kata Koordinator Aksi Bersih-bersih Zaenal Muttaqin kepada Banten Raya, Minggu (14/4).

Menurutnya, aksi yang dilakukan para pecinta alam mendapatkan dukungan dari dinas pariwisata, dinas lingkungan hidup, dan tagana. Selain itu beberapa organisasi turut serta membantu."Target sasaran aksi difokuskan membersihkan sampah dalam air Balong Ranca Lentah. Kita gunakan perahu pinjaman dari tagana untuk memobilisasi proses pengangkutan sampah dalam Balong," katanya.

Zaenal mengatakan, sampah yang dibersihkan tidak hanya di bibir Balong tetapi sampai ke tengahnya juga. Beruntung dapat pinjaman perahu. "Sehingga membuat kita dapat menjangkau sampah sekali pun berada di tengah-tengah Balong. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kami dalam rangka mendorong sektor pariwisata Lebak," katanya.

Alumni Palapa La Tansa Mashiro Feri mengatakan, aksi bersi-bersih dilakukan berawal dari sering melihat warga dan pedagang membuang sampah dengan melemparnya ke dalam Balong. "Padahal Balong itu kan bukan tempat pembungan sampah tapi tempat penampungan air sekaligus tempat wisata di pusat Kota Rangkasbitung. Jadi sungguh disayangkan kondisinya banyak dipenuhi sampah plastik bungkus makanan dan air kemasan," katanya.

Feri berharap, aksi yang dilakukan dirinya bersama-teman tidak hanya menjadi tontonan tetapi diikuti oleh masyarakat. "Alangkah lebih baik ikut andil kedepannya bersih-bersih lingkungan sekitar Balong. Apalagi ini masuk satu objek wisata di pusat kota," katanya.

Feri berharap, di sekitar area Balong nantinya disediakan kontainer sampah agar dapat menjadi tempat penampungan sementara, serta memudahkan pengangkutan."Jika sudah penuh tinggal ditarik. Kalau sekarang ini tempat sampah ada cuman kapasitasnya kecil namun volume sampah yang ditampung melimpah sehingga banyak pedagang membakar sampah di sekitar area balong dan tentunya itu bukan membersihkan malahan mengotori," katanya. (purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook