Polres Lebak Siaga Satu

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Senin, 15 April 2019 - 11:13:39 WIB   |  dibaca: 166 kali
Polres Lebak Siaga Satu

SIAGA SATU: Kapolres Lebak AKBP Dani Arianto sedang menjelaskan terkait jumlah personil pengamanan pemilu serentak di aula Polres Lebak, kemarin.

RANGKASBITUNG- Polres Lebak telah memberlakukan siaga satu melakukan pengamanan pemilu 2019. Skala prioritas pengamanan di semua TPS (tempat pemungutan suara), di 28 kecamatan di Kabupaten Lebak."Pengamanan pemilu saya maksimalkan semuanya. Saya anggap dalam kondisi siaga satu," kata Kapolres Lebak AKBP saat jumpa pers terkait persiapan pengamanan pemilu 2019, di Aula Mapolres Lebak, Minggu (14/4).

Menurutnya, semua wilayah tidak ada rawan tidak ada aman, semuanya disamakan. Baik itu wilayah Sobang maupun Rangkasbitung. "Tidak ada skala prioritas mana harus diamankan. Semua TPS harus diamankan. Pertimbangan siaga satu karena pemilu serentak, pemilihan DPR RI, DPD, DPRD provinsi, DPRD kabupaten dan presiden. Bisa dikatakan pemilu paling berat," katanya.

Kapolres mengungkapkan, maksud pemilu berat karena pelaksanaan pileg dan pilpres dilakukan secara serentak, sehingga dengan adanya pemilu sangat berat ini pengamanan dioptimalkan."Kami memaksimalkan seluruh anggota kami dengan dibantu oleh Kodim dan instansi terkait lainnya. Sehingga kita siapkan personil kurang lebih 7.000 orang untuk pengamanan di TPS," katanya.

Jumlah TPS, kurang lebih sebanyak 3.992 tersebar di 340 desa, lima kelurahan yang tersebar 28 kecamatan di Kabupaten Lebak. "Ini (TPS) akan diamankan TNI, Polri dan juga Lias. Kalau polisi, dua TPS satu orang anggota Polri," katanya.

Kapolres mengungkapkan,  pengamanan siaga satu bukan cuma Polres, Polda, Mabes Polri, termasuk TNI. Anggota TNI diperbantukan ke Polres Lebak kurang lebih 300 orang.
"Dari Kodim, Batalyon Mandala Yudha, kemudian dari Polda kurang lebih 130 orang. Ini pemilu paling berat, faktor keamanan insya Allah aman dan saya imbau kepada masyarakat tak boleh takut mencoblos silakan mencoblos ke TPS," katanya.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan bahwas TNI dan Polri netral. Hal itu telah diungkapkannya saat upacara gabungan di Alun-alun Rangkasbitung. "Kalau melihat anggota tak netral sampaikan kepada saya. Saya jamin anggota saya netral," katanya.

Dijelaskan, sebanyak 1.041 personil gabungan Polres dan Kodim 0603 Lebak sejak kemarin sudah diterjunkan ke masing-masing kecamatan untuk persiapan melakukan pengamanan pemilu serentak. Selain itu, khusus untuk petugas yang stand by di Markas Komanda (Mako) Polres Lebak selama proses pemilu berlangsung, pihak Polda Banten telah menugaskan satu kompi Brigadir Mobil (Brimob).

"Siang tadi (kemarin), seluruh anggota Polres dan anggota Kodim yang terlibat dalam tugas pengamanan pemilu serentak sudah siap melakukan tugasnya masing-masing," ujarnya
Terpisah, sekretaris Daerah (Sekda) Lebak Dede Jaelani menambahkan, Pemkab Lebak pun telah menyiapkan ratusan petugas perlindungan masyarakat (linmas) dalam membantu pengamanan pemilu 17 April nanti.

"Linmas yang kami siapkan ini tentu sudah dikoordinasikan dengan pihak KPU Lebak, dengan tujuaan agar linmas ini bisa membantu menciptakan keamanan selama proses pemilu berlangsung," kata Dede. (purnama/hudaya)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook