Bawaslu Copot Ribuan APK

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Senin, 15 April 2019 - 11:19:16 WIB   |  dibaca: 202 kali
Bawaslu Copot Ribuan APK

DITERTIBKAN : Bawaslu bekerjasama dengan petugas Satpol PP menertibkan alat peraga kampanye (APK) di Jalan Raya Pandeglang, Minggu (14/4).

PANDEGLANG - Ribuan alat peraga kampanye (APK) calon legislatif maupun calon presiden (capres) di sepanjang Jalan Raya Pandeglang-Labuan dibersihkan, Minggu (14/5). Penertiban APK yang dilakukan Bawaslu bekerjasama dengan Satpol PP dan Dishub Pandeglang tersebut lantaran sudah memasuki masa tenang.

Ketua Bawaslu Pandeglang Ade Mulyadi mengatakan, sebelum melakukan penertiban APK pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan partai politik bahwa masa kampanye terbuka telah selesai. "Sekarang kan sudah memasuki masa tenang dan H-3 sudah tidak ada lagi APK yang terpasang," kata Ade ditemui di sela-sela penertiban APK, kemarin.

Dijelaskannya, pelaksanaan penertiban APK dilakukan secara serentak di 35 kecamatan dengan melibatkan seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). "Selain kami dari panwascam juga sama menertibkan APK. Kami sudah mengingatkan mereka agar bergerak agar semua APK dibersihkan," jelasnya.

Selain dari Bawaslu, kata Ade, penertiban APK juga dilakukan oleh masing-masing partai politik. Sebab, semua partai politik sudah diberikan informasi melalui surat resmi dari Bawaslu. "Ada sebagian APK yang diturunkan oleh partai politik yang belum kami akan turunkan," ujarnya.

Menurutnya, dari APK yang ditertibkan kebanyakan baliho maupun spanduk capres dan caleg. Ade mengimbau partai politik untuk tidak memasang APK. "Rata-rata bentuk APK yang kita tertibkan berupa baliho dan spanduk pemilu. Setelah penertiban ini kami berharap tidak ada lagi APK yang dipasang," imbuhnya.

Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Pandeglang, Fauzi Ilham menyebutkan, penertiban serupa akan terus digelar mengingat durasi kampanye terbuka Pemilu 2019 sudah selesai. Dia berharap semua partai politik dapat mengikuti tahapan kampanye sesuai aturan. "Penertiban APK akan terus kita lakukan, sekarang sudah memasuki masa tenang dan tidak boleh lagi ada APK yang masih terpasang," ujarnya.

Fauji mengajak masyarakat untuk bersama-sama membersihkan APK. Sementara hasil penertiban itu ada sekitar ribuan APK yang diamankan. "Kami mendorong masyarakat bersama-sama menertibkan APK. Meski penertiban itu masih berlanjut," harapnya. (yanadi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook