Tangsel Rebut Juara Umum

nurul roudhoh   |   Olah Raga  |   Senin, 15 April 2019 - 11:28:39 WIB   |  dibaca: 222 kali
Tangsel Rebut Juara Umum

KEJURDA RENANG : Perenang putri berlomba di kejurda renang yang digelar di Citra Raya Sport Club Kabupaten Tangerang, kemarin.

TANGERANG - Kontingen Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berhasil merebut juara umum pada perhelatan Kejuaraan Daerah (Kejurda) renang IX 2019 yang diselenggarakan Pengurus Provinsi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (Pengprov PRSI) Banten yang dipusatkan di Citra Raya Sport Club, Kabupaten Tangerang pada Jumat sampai Sabtu (12-13/4) kemarin. Kota Tangsel dipastikan memperoleh gelar juara umum setelah mengoleksi 27 medali emas, 27 medali perak dan 28 medali perunggu di kejuaraan renang yang diikuti delapan kabupaten dan kota se-Banten.

Ketua Umum Pengprov PRSI Banten Poppy Nopriadi menjelaskan, deretan setelah Kota Tangsel disusul Kota Tangerang yang memperoleh 22 emas, 9 perak dan 4 perunggu. Kabupaten Tangerang dengan 12 emas, 21 perak dan 15 perunggu.

Kota Cilegon membawa pulang 12 emas, 12 perak dan 10 perunggu. Kota Serang memperoleh 6 emas, 5 perak dan 6 perunggu. Kabupaten Serang mendapatkan 2 emas, 2 perak dan 1 perunggu. Kabupeten Lebak mendapatkan 1 emas, 2 perak dan 2 perunggu. Sementara diurutan terakhir ada kontingen dari Kabupeten Pandeglang, yang hanya membawa pulang 1 perunggu saja.

“Dari hasil medali yang diperoleh, Kota Tangsel berhak menjadi juara umum pada kejurda tahun ini. Dengan begitu juga, Kota Tangsel mencatatkan rekor empat kali berturut-turut menjadi juara umum empat tahun terakhir ini. Ini prestasi luar biasa,” kata Poppy saat dikonfirmasi Banten Raya, Minggu (14/4).

Ia mengatakan Kota Tangsel memiliki klub renang yang banyak dan memilki pelatih yang memiliki lesensi, serta pembinaan yang berkelanjutan. Dengan begitu, perenang di Tangsel sangat kompetitif saat mengikuti kejuaraan. “Saya berharap bagi kabupaten dan kota lain, untuk lebih mengenjot kembali pembinaan para atlet dalam upaya meningkatkan prestasi di kejurda tahun berikutnya,” harapnya.

Diketahui, pembagian kelompok umur (KU) pada Kejurda Banten 2019 ini, terbagi kedalam empat KU. Pertama KU senior usia di atas 17 tahun, KU I usia 16 hingga 17 tahun, KU II usia 14 hingga 15 tahun dan KU III usia 12 hingga 13 tahun. “Dari KU tersebut, akan memainkan 28 nomor pertandingan, 14 nomor pertandingan untuk putra, dan 14 nomor pertandingan untuk putri. Nomor pertandingan tersebut di antaranya, dari mulai gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, gaya dada hingga gaya ganti,” paparnya.

Dikatakan dia, dari hasil kejurda ini, setidaknya sudah terlihat gambaran tim yang akan mewakili Banten untuk mengikuti kejuaraan nasional (kejurnas) yang akan berlangsung di DKI Jakarta pada 25 hingga 28 April 2019, pekan depan. “Saya berharap, atlet yang sudah terdata (sesuai limit yang dibutuhkan) untuk mengikuti kejurnas, bisa meraih prestasi dan membawa pulang medali ke Banten,” tutupnya.

Untuk diketahui, sudah ada delapan atlet hasil kejurda yang akan diberangkatkan ke kejurnas, atlet tersebut sudah memiliki limit waktu sesuai dengan ketentuan kejurnas yaitu, empat atlet putra dan empat atlet putri. Atlet putra ada Theodorus Luki (KU II asal Kota Tangerang), Insanul Khamil AP (KU I asal Kota Serang), M Alifka Ihsan (KU senior asal Kota Cilegon), dan Eki Ramada (KU senior asal Kabupaten Tangerang).

Sementara untuk atlet putrinya, ada Sefira Devinta (KU I asal Kabupaten Lebak), Genie Izdihar Putri (KU III asal Kota Tangsel), Aprilia Cahya Wijayanti (KU I Asal Kota Tangerang) dan Dana Asyofa Asmoro (KU I asal Kabupaten Serang). (basyar)   

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook