Prodi PPKn Unbaja Dorong Pendidikan Karakter

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Senin, 15 April 2019 - 11:46:33 WIB   |  dibaca: 243 kali
Prodi PPKn Unbaja Dorong Pendidikan Karakter

SERANG - Lina Marlina Ketua Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas Banten Jaya (Unbaja) mengaku, pihaknya berupaya untuk menciptakan lulusan yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama, nasionalisme, disiplin, jujur dan bertanggung jawab serta memiliki jiwa kewirausahaan.

Menurutnya, awal pendirian, Prodi PPKn Unbaja memiliki visi menjadi program studi PPKn yang unggul di Provinsi Banten, dengan menghasilkan lulusan profesional dan berkarakter. Untuk mencapai hal tersebut, pihaknya menerapkan misi melaksanakan program pendidikan secara profesional yang dilandasi nilai-nilai karakter bangsa.

"Kami juga mengembangkan penelitian sesuai disiplin keilmuan secara profesional yang dilandasi oleh nilai-nilai karakter bangsa, dan melaksanakan program pengabdian pada masyarakat dan stake holder," kata Lina kepada Banten Raya, kemarin.

Program Studi PPKn Universitas Banten Jaya menerapkan kurikulum berbasis penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.

"Program Studi PPKn Universitas Banten Jaya juga mengikuti Asosiasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3Kni), sebagai media diseminasi pengetahuan, komunikasi dan diskusi, akses informasi dan pemicu kerjasama antar dosen-dosen Program Studi PPKn di Indonesia," ungkapnya.

Untuk menyelenggrakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, lanjutnya, baik dibidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat di lingkungan sivitas akademik Universitas Banten Jaya. "Kami memiliki misi menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang berkualitas, meningkatkan kreatifitas dan inovasi penelitian dalam bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bentuk partisipasi aktif di masyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan, tujuan yang ditetapkan Program Studi PPKn  adalah menghasilkan guru bidang Studi PPKn berkualitas dalam menunjang tujuan pendidikan nasional, terwujudnya penelitian yang kreatif dan inovatif dalam bidang studi PPKn dan meningkatnya peran dan kontribusi civitas akademika Program Studi PPKn  dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

"Kami juga berupaya untuk menjalin hubungan kerjasama yang strategis dan berkelanjutan dengan berbagai pihak, guna meningkatkan kompetensi program studi di bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian," tutupnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook