La Tansa Tingkatkan Kapasitas Dosen

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Senin, 15 April 2019 - 11:49:25 WIB   |  dibaca: 430 kali
La Tansa Tingkatkan Kapasitas Dosen

DOSEN: Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia Heri Hermansyah (kiri) menyampaikan meteri kepada peserta.

LEBAK - Perguruan Tinggi La Tansa Mashiro menyelenggarakan coaching clinic (klinik bimbingan) strategi mendapatkan hibah penelitian bagi dosennya. Hadir sebagai nara sumber coaching clinic Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) Heri Hermansyah.

"Coaching clinic sebagai strategi upaya mendapatkan hibah dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Jadi, dalam rangka membangun budaya riset di lingkungan Perguruan Tinggi La Tansa Mashiro," kata Ketua Koordinator Perguruan Tinggi La Tansa Mashiro, H. Soleh, kepada Banten Raya, kemarin.

Menurutnya, setiap riset membutuhkan biaya. Hibah pemerintah ini tentunya akan membantu dosen dalam melakukan risetnya. "Kegiatan ini latihan sekaligus uji kualifikasi dosen. Artinya kalau mereka ini lulus, berarti boleh disebut teruji. Ini bagian dari upaya kita meningkatkan kapasitas dosen dibidang tri dharma perguruang tinggi khususnya riset," katanya.

H Soleh berharap semua dosen program studi melakukan kajian dalam menjalankan tri dharma, sekaligus meningkatkan kapasitas. "Sehingga dosen akan merasa lebih nyaman ketika mengajarkan hasil riset mereka," katanya.

Lebih lanjut H Soleh mengungkapkan, pelaksanakan coaching clinic ini meningkatkan upaya dan mendorong seluruh dosen baik dosen tetap maupun tidak agar terinspirasi untuk melakukan riset."Jadi lebih membangun kesadaran. Kebetulan kita undang Guru Besar UI yang memang punya kapasitas nasional dan global," katanya.

H Soleh menambahkan, menghadirkan nara sumber Guru Besar UI ini meningkatkan jam terbang baik dosen maupun orang-orangnya sudah teruji. "Ini guru besar UI yang sudah riset ke luar negeri. Harapan kita para dosen jangan mundur lagi, tri dharma perguruan tinggi harus menjadi komitmen kita," katanya.

Guru Besar Fakultas Teknik UI, Heri Hermansyah menuturkan, La Tansa Mashiro perguruan tinggi binaan. Ia menyampaikan mengenai skema penelitian yang edible yang La Tansa bisa mendaftar."Ada skema hibah untuk dosen pemula, mungkin bisa menjadi target dosen-dosen La Tansa untuk membiayai dana penelitiannya di tahun depan," katanya.

Heri juga memberikan penjelasan mengenai apa itu skema hibah dosen pemula. Kemudian bagaimana kiat-kiat untuk mempersiapkannya. Sehingga para dosen di sini bisa menyiapkan proposal yang baik  sesuai dengan panduan."Juga memiliki subtansi pada level baik, sehingga bisa didanain hibah riset dari Kemenristekdikti," katanya.

Lebih lanjut Heri menjelaskan, bahwasannya Kemenristekdikti membuka ruang pendanaan penelitian untuk dosen pemula. "Jadi setelah hari ini (kemarin) mereka mengetahui ada skema hibah, selanjutnya dapat mempersiapkan proposal (riset) sesuai panduan ada format ada subtansi sehingga bisa (mendapatkan hibah dana riset dari Kemenristekdikti)," katanya. (satibi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook