Polisi Amankan uang Asing Rp 90 M di Bandara Soetta

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Senin, 15 April 2019 - 12:24:02 WIB   |  dibaca: 207 kali
Polisi Amankan uang Asing Rp 90 M di Bandara Soetta

MASIH MISTERIUS : Tumpukan uang asing yang diamankan Polres Bandara Soetta bersama Polda Metro Jaya dari lima WNI, Jumat (12/4) malam.

KOTA TANGERANG - Polres Bandara Soekarna Hatta (Soetta) bersama Polda Metro Jaya mengamankan lima orang pembawa uang asing sebanyak Rp 90 miliar di pintu kedatangan internasional Bandara Soetta, Kota Tangerang, Jumat (12/4) malam.Berdasarkan informasi, uang asing yang dimasukan ke dalam koper itu terdeteksi mesin xray security Bandara Soetta. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono membenarkan penangkapan lima orang pembawa uang asing Rp 90 miliar itu.

rgo menjelaskan, kelima orang pembawa uang asing itu adalah Yunanto dan Edi Gunawan membawa uang asing senilai Rp 42,050 miliar, Gofur (Singapura) Rp 17,4 miliar, Giono (Hongkong) Rp 12 miliar. Kemudian, Kevin dan Yudi (Bangkok) Rp 18 miliar. Total nilai mata uang asing yang dibawa yaitu sekitar Rp 90 miliar. “Benar para tersangka sudah tertangkap tadi malam,” kata Argo kepada wartawan melalui telepon saat dikonfrmasi, Minggu (14/4).

Hingga saat ini, lanjut Argo, kepolisian masih menyelidiki terkait peruntukan uang asing yang tersimpan di dalam koper yang disita di Bandara Internasional Soetta. Argo menegaskan, dari hasil pemeriksaan sementara para tersangka, mereka bekerja sebagai money changer. Uang senilai Rp 90 miliar itu terperinci dalam pecahan mata uang asing tertentu.

Yaitu, 10 juta yen, 90 juta won, 45 ribu real, 100 ribu dolar Selandia Baru, dan 3.677.000 dollar Singapura. “Hasil interogasi sementara terhadap yang membawa uang tersebut, sampai saat ini belum ada membuktikan bahwa uang itu dari mana?. Tapi berdasarkan pengakuan bersangkutan, uang itu dibeli di luar negeri. Tapi kami sebagai penyidik perlu mempertanyakan adanya uang dengan jumlah besar itu masuk ke Indonesia. Buktinya mana kalau membeli dari luar negeri, sampai saat ini belum bisa membuktikan,” imbuhnya.

Argo menambahkan, awal mula penangkapan para tersangka itu dari adanya informasi dari bea cukai bahwa ada koper yang dibawa oleh enam orang dari Singapura. Setelah dilakukan penyelidikan dan penggeledahan,  enam koper itu ternyata isinya uang asing dalam jumlah besar. “Mereka (kelima tersangka red) mengaku berkerja sebagai money changer di Jakarta. Tapi, kami masih melakukan penyidikan. Para tersangka sudah dibawa ke rutan Polda Metro Jaya,” katanya. (imron)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook