300 Pasukan BKO Bantu Amankan Pemilu di Serang

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 16 April 2019 - 11:55:30 WIB   |  dibaca: 250 kali
300 Pasukan BKO Bantu Amankan Pemilu di Serang

PENGAMANAN: Ratusan BKO TNI dan Brimob akan melakukan pengamanan jalannya Pemilu di wilayah hukum Polres Serang, Senin (15/4).

SERANG- Sebanyak 300 pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan 300 personil Brimob Polda Banten diterjunkan untuk membantu Polres Serang dalam pengamanan pemungutan dan perhitungan surat suara pemilu 2019 di wilayah Kabupaten Serang.

Berdasarkan data yang dihimpun, 300 personil gabungan itu rinciannya yaitu 145 personil dari Kodim 0602 Serang, 80 personil Yon 320 Badak Putih Pandeglang, 50 personil Yonif Mandala Yuda Kabupaten Lebak, dan 25 personil Korem 047 Maulana Yusuf.

Dandim 0602 Serang Letkol Inf Erwin Agung mengatakan, pasukan yang diterjunkan untuk membantu Polres Serang wajib untuk melaksanakan tugas dengan rasa penuh tanggung jawab, dan tidak dijadikan sebagai beban.

"Nanti akan ada pembagian tugas dari Kapolres Serang sebagai Kasatwil terhadap pasukan yang tebagung dari Kodim 0602 Serang, Korem 064MY Serang, Yonif 320 Badak Putih dan Bataliyon Mandala Yuda," katanya saat apel penerimaan BKO TNI dan Brimob di Mapolres Serang, Senin (15/4).

Menurut Agung, seluruh pasukan BKO harus dapat bersinergi dengan Polres Serang. Dengan begitu potensi gangguan keamanan dapat diketahui oleh pasukan yang bertugas dalam pengamatan pemungutan dan perhitungan suara."Yang sudah menjadi ketentuan dalam pelaksanaan tugas harus selalu dipegang teguh dan dipedomi. Sehingga pelaksanaannya bisa berjalan lancar, aman dan damai," ujarnya.

Agung menambahkan, meski dalam rapat di Kodam di wilayah hukum Kabupaten Serang dikategorikam aman, namun pasukan harus tetap siap siaga apabila sewaktu-waktu terdapat perubahann situasi di lapangan."Tidak ada yang melakukan pergerakan maupun mengambil keputusan sendiri, semuanya harus melaporkan secara berjenjang," tambahnya.

Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan mengatakan, pasukan BKO baik dari TNI dan Brimob kedepannya akan ada dibawah kendali dirinya selaku Kasatwil. Untuk itu, koordinasi harus tetap dijaga pada saat bertugas di lapangan.

"Dalam melaksanakan kegiatan dilapangan harus tetep sesuai SOP dan Perkap dengan rasa tanggung jawab yang tinggi. Siapkan mental dan fisik agar dapat terus melaksanakan tugas untuk terciptanya situasi pelaksanaan pemilu 2019 aman dan kondusif," katanya. (darjat)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook