41 Tersangka Ikut Nyoblos

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Selasa, 16 April 2019 - 12:15:19 WIB   |  dibaca: 204 kali
41 Tersangka Ikut Nyoblos

MASUK TAHANAN : Anggota Reskrim Polsek Ciputat menggiring tersangka ke ruang tahanan Polsek Ciputat, Senin (15/4).

KOTA TANGSEL - Sedikitnya 41 dari 132 tahanan Polres dan Polsek di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) masuk dalam daftar pemilih tetap tambahan (DPTb) pada Pemilu 2019 yang akan digelar pada Rabu (17/4) mendatang. Rencananya, ke 41 tersangka yang ditahan itu akan menyalurkan suaranya di ruang tahanan.

Kepala Satuan Tahanan Titipan Polres Kota Tangerang Selatan, Iptu Gatot Santoso mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel agar para tahanan bisa menyampaikan hak pilihnya. "Dari 132 tahanan yang ada di Polres dan Polsek, hanya 41 tahanan yang terdaftar dan dapat menyalurkan hak pilihnya di ruang tahanan Polsek dan Polres. 41 itu terdiri dari 25 tahanan Polres dan 16 tahanan dari jajaran Polsek," kata Gatot kepada wartawan di Mako Polsek Ciputat, Kota Tangsel, Senin (15/4).

Gatot menjelaskan, berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang Formulir A5, salah satunya menyebutkan bahwa warga tersangkut urusan pidana atau ditahan wajib mengurus Formulir A5. Untuk 91 tahanan lainnya, kata Gatot, tidak bisa melakukan pencoblosan, karena terkendala proses administrasi, yaitu masalah kartu penduduk elektronik (KTP-el).

"Jadi karena administrasi kependudukan, banyak yang tidak punya KTP-el, adapun yang punya, tapi belum elektronik. Jadi sesuai aturan persyaratan pencoblosan, harus memiliki KTP-el," jelas Gatot.

Gatot menambahkan, pada waktu pelaksanaan pencoblosan, petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) terdekat nantinya akan mendatangi kantor Polres dan Polsek dengan membawa surat suara dan kota suara didampingi saksi dan pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS). "Jadi petugas KPPS datang ke ruang tahanan Polsek dan Polres, disitu mereka melakukan pencoblosan dengan dipanatau saksi dan pengawas TPS," jelasnya.  

Sementara Ketua KPU Kota Tangsel, Bambang Dwitoro mengungkapkan, 41 tahanan di Polsek dan Polres Tangsel ini sudah mengisi formulir A5 dan masuk sebagai DPTB pada pemilu 2019. Setelah mengisi formulir A5 dan masuk dalam DPTB pemilu 2019. "Bagi tahanan, petugas KPPS nanti memberikan surat suara sesuai domisil KTP-nya, jadi bisa mencoblos untuk calegnya juga," singkat Bambang. (imron).

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook