Siapkan Foto Booth, Antisipasi Swafoto di TPS

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Kamis, 18 April 2019 - 10:50:46 WIB   |  dibaca: 357 kali
Siapkan Foto Booth, Antisipasi Swafoto di TPS

KREATIF : Warga berswafoto di foto booth yang disiapkan KPPS di TPS 13, di Lingkungan Juwed, RT 4/2, Kelurahan Samang Raya, Kecamatan Citangkil, kemarin.

CILEGON - Berbagai cara dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk menarik warga menyalurkan hak pilihnya, , Rabu (17/4). Salah satunya KPPS di Lingkungan Juwed, RT 4/2, Kelurahan Samang Raya, Kecamatan Citangkil yang membuat membuat footo booth atau tempat untuk swafoto di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 13.  

Muhsinah (20), salah satu pemilih di TPS 13, menyatakan, dengan adanya fotobooth itu ia bisa menyalurkan kebiasaannya swafoto bersama teman-temannya. Sebab, sebagai generasi milenial, medsos sudah sangat akrab dengan aktifitasnya, sehingga dengan adanya foto booth sangat terbantu. “Kalau selfie di TPS-nya itu kurang bagus pemandangannya. Kalau ada ini lumayan membantu buat eksis,” paparnya.

Berbeda dengan TPS 13. Di TPS 09, Lingkungan Kubang Welingi, Kelurahan/Kecamatan Purwakarta, KPPS menghias TPS dengan potongan-potongan koran bekas, baik untuk rumbai-rumbai mapun penutup tiang.

Ketua KPPS TPS 09, Syaefullah menjelaskan, adanya hiasan limbah koran tersebut, agar ada suasana yang berbeda dan menarik. Sebab, selama ini adanya TPS hanya begitu-begitu saja tenda biasa. Dengan adanya potongan koran selain murah juga membuat semakin menarik.“Karena anggarannya terbatas maka kami pakai saja limbah koran. Bisa untuk membuat rumbai-rumbai menutupi rafia dan juga menghias tiang bambu agar lebih menarik,” jelasnya.

Syaefullah mengungkapkan, proses pemotongan sediri bukan hanya dilakukan oleh panitia pemungutan, namun sejumlah warga juga bersama-sama untuk menyiapkan TPS tersebut. Sebab, seandainya dikerjakan KPPS maka kondisi tersebut tidak akan bisa dilakukan.“Kami ini sibuk dengan distribusi logistik juga. Beruntung sejumlah warga berkenan membantu,” imbuhnya.

Ketua KPPS TPS 13, Nurlailawati menyatakan, panitia sengaja membuat foto booth tersebut untuk menghindari adanya foto dalam TPS. Sebab, hal tersebut tidak diperbolehkan secara aturan.Foto both yang dibuat itu berukuran tinggi kira-kira 2 meter dan lebar 1 meter.“Masyarakat sekarang ini kan doyan selfie (swafoto), makanya kami sediakan tempat fotonya biar warga tetap eksis,” katanya kepada wartawan.

Selain mengantisipasi adanya swafoto dalam TPS, kata Nurlaila, fotoboth itu juga untuk memfasilitasi warga ikut dalam lomba swafoto yang diadakan oleh KPU Kota Cilegon, sehingga diharapkan nantinya dengan keunikan tersebut bisa memenangkan lomba. “Sekalian juga karena KPU mengadakan lomba selfie yang jutaan rupiah hadiahnya. Ini biar hasilnya lebih bagus,” paparnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook