Final Duta GenRe Digelar di Alun-alun

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Senin, 22 April 2019 - 11:10:21 WIB   |  dibaca: 304 kali
Final Duta GenRe Digelar di Alun-alun

LATIHAN TARI :Sebanyak 20 finalis Duta GenRe latihan koreografi singel lagu GenRe di Aula TP PKK Kota Cilegon, Minggu (21/4).

CILEGON – Sebanyak 20 peserta yang terdiri dari 10 putri dan 10 putra masuk Grand Final Duta Generasi Berencana (GenRe). Mereka berhasil masuk grand final setelah menyingkirkan 36 peserta lainnya dalam tes tulis dan tes bakat yang digelar pada Kamis (19/4).

Kepala DP3AKB Kota Cilegon, Heni Anita Susila menyampaikan, ada 20 finalis yang lulus usai mengerjakan 200 soal tentang keluarga berencana (KB), kependudukan dan pembangunan keluarga. Sekarang, imbuh Heni, 20 finalis tersebut tengah dilakukan pembinaan baik bakat maupun etitut serta akan memuat artikel tentang kampung KB.

“Sudah ada 20 yang kami nyatakan lulus tes tulis dan bakat, mereka nantinya akan membuat artikel soal Kampung KB, serta mereka akan digembleng pengetahuan soal bakat, kepemimpinan dan lainnya, sehingga nanti saat grand final peserta mampu menunjukkan penampilan yang terbaik,” katanya saat meninjau latihan koreografi singel lagu duta GenRe di Aula Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Cilegon, Minggu (21/4).

Heni menyatakan, pemilihan duta GenRe sendiri pertama kali dilakukan di Kota Cilegon, dimana tujuannya untuk bisa menyosialisasikan soal kependudukan, KB dan pembangunan keluarga, sehingga nantinya generasi remaja mampu menghindari pernikahan usia dini, seks bebas, dan soal bahaya narkoba.“Nanti mereka yang terpilih punya tugas menyosialisasikan berbagai program, khususnya soal kependudukan dan keluarga,” paparnya.

Dijelaskan Heni, grand final sendiri akan dilakukan pada Minggu (28/4) di Alun-alun Kota Cilegon. Namun, papar Heni, sebelumnya duta akan dikarantina selama 2 hari dan mendapatkan berbagai pembekalan.“Saat grand final akan dipilih 5 besar dan juara sebanyak 3 orang baik putra maupun putri. Sebelumnya mereka akan dikarantina terlebih dahulu agar lebih matang,” terangnya.

Sementara itu, Nabila Damayanti (18) salah satu finalis mengungkapkan, menjadi duta genre bukan hal yang mudah, ada banyak hal yang harus dipelajari, seperti pengetahuan kependudukan, soal KB, dan kesehatan reproduksi. Hal itu terbukti saat tes tertulis yang udah dialaminya, ia kesulitan menjawab berbagai soal yang diberikan.“Tes tulisnya lumayan sulit.

Sebab, dalam dunia pendidikan jarang sekali dibahas soal keluarga berencana dan kesehatan reproduksi. Beruntung saya bisa lulus,” ungkap siswi Sekolah Menengah Atas  Islam Terpadu (SMAIT) Raudhatul Jannah (RJ) Kota Cilegon ini.

Nabila menyatakan, dengan dukungan orangtua dan para guru, diharapkan mampu lulus sampai tingkat berikutnya. Namun, hal tersebut tidak mudah, sehingga harus banyak belajar dan memahami semua materi yang diberikan saat pembinaan.“Semoga saja bisa terus sampai jadi pemenang. Sekarang yang terpenting ikut proses dan belajar,” pungkasnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook