Koperasi BMS Cegah Warga Terjerat Rentenir

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Senin, 22 April 2019 - 11:47:08 WIB   |  dibaca: 178 kali
Koperasi BMS Cegah Warga Terjerat Rentenir

DIRESMIKAN: Suasana peresmian Koperasi Buyut Mekar Sejahtera di Desa Buyut Mekar, Kecamatan Maja, berjalan lancar, Sabtu (20/4).

RANGKASBITUNG- Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lebak meresmikan Koperasi Buyut Mekar Sejahtera (BMS) di Kampung Batukarut, Desa Buyut Mekar, Kecamatan Maja. Tujuan pembentukan koperasi dalam rangka meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga setempat.

"Koperasi BMS sudah lama terbentuk, namun baru diresmikan kemarin. Tujuannya untuk menghadang atau mencegah warga terjerat utang rentenir," kata Ketua Koperasi BMS Ma'ruf kepada Banten Raya, Sabtu (20/4).

Menurutnya, terjerat utang rentenir atau menjadi nasabah bank keliling sangat merugikan secara hitung-hitungan ekonomi. Soalnya, bunga pinjamannya cukup besar. "Kalau bunga besar nanti bukan untung tapi buntung, bahkan modal yang ada malahan bisa habis dipakai bayarin bunganya saja. Maka dari itu kami bersama dinas koperasi bersepakat mempersempit ruang gerak rentenir dengan mendirikan koperasi," katanya.

Ma'ruf mengatakan, koperasi yang didirikan bergerak pada bidang pengadaan barang dan jasa, pertanian dan produsen. Di antaranya pengadaan barang elektronik, sembako, bibit-bibit pertanian dan simpan pinjam hingga home industri.

"Adapun produk industri rumahan terdiri dari opak, aneka cemilan khas Buyut Mekar. Intinya kita ajak warga menggali potensi usaha secara mandiri dan jika memerlukan modal maka kami berikan dengan bunga pinjaman yang tentunya lebih kecil," katanya.

Kepala Seksi Kelembagaan Koperasi pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lebak Mujamad Jamaludin mengapresiasi berdirinya Koperasi Buyut Mekar Sejahtera. "Dari awalnya 20 anggota kini sudah 43 orang. Kami harap kedepan semakin besar dan koperasi harus mampu meningkatkan kesejahteraan anggota," katanya. (purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook