Perolehan Suara Dapat Diketahui Melalui Situng

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Senin, 22 April 2019 - 11:52:26 WIB   |  dibaca: 392 kali
Perolehan Suara Dapat Diketahui Melalui Situng

INPUT SUARA : Petugas KPU Pandeglang menginput suara capres maupun caleg ke dalam situng, Minggu (21/4).

PANDEGLANG - Masyarakat hingga peserta Pemilu 2019 bisa mengetahui jumlah perolehan suara calon presiden (capres) maupun calon legislatif (caleg) melalui sistem informasi penghitungan (situng).

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM KPU Pandeglang Ahmadi menyebutkan, masyarakat yang ingin mengetahui apakah perolehan suara jagoannya menang atau tidak bisa melihatnya di info pemilu yang ada di website resmi KPU. "Untuk perolehan suara yang diinput dalam situng sifatnya hanya sementara, tapi masyarakat bisa melihatnya," kata Ahmadi kepada Banten Raya, Minggu (21/4).

Menurutnya, proses penginputan suara capres maupun caleg ke situng sedang berlangsung. Sementara data perolehan suara yang diinput adalah data yang ada di salinan form C1 pleno. "Suara yang diinput dalam situng sekarang sedang berjalan. Suara yang diinput ke situng ini berdasarkan model C1 salinan dari TPS (tempat pemungutan suara)," ujarnya.

Ahmadi menjelaskan, untuk mengetahui secara jelas suara yang masuk tunggu hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilu di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK). "Situng itu hanya sementara. Suara yang sah bisa diketahuinya setelah pleno di tingkat kecamatan selesai, baru setelah itu di tingkat kabupaten," jelasnya.

Proses pleno penghitungan suara di tingkat PPK, kata Ahmadi, saat ini sedang berlangsung. Bahkan, KPU ikut mendampingi hingga melakukan pengawasan agar pelaksanaan pleno tersebut berjalan sesuai harapan. "Proses pleno rekapitulasi penghitungan suara di masing-masing PPK di 35 kecamatan sekarang masih berlangsung," paparnya.

Sementara itu, Bupati Irna Narulita didampingi Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto Amstono pada Sabtu (20/4) kemarin, melakukan monitoring pelaksanaan pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilu di tingkat PPK.

Di sela-sela kunjungannya, Kapolres mengatakan, pelaksanaan monitoring tersebut dilaksanakan dalam rangka memantau situasi dan menjamin keamanan dan kelancaran pelaksanaan pleno Pemilu 2019. "Dari hasil monitoring bahwa situasi pelaksanaan pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilu di tingkat PPK sampai saat ini berjalan dengan aman dan kondusif," tegasnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook