Empat Remaja Banten Ikut GBN

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Senin, 22 April 2019 - 12:19:06 WIB   |  dibaca: 288 kali
Empat Remaja Banten Ikut GBN

AUDISI: Salah seorang peserta Gita Bahana Nusantara menunjukkan vokalnya dihadapan dewan juri di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banten.

SERANG - Sebanyak empat remaja asal Banten akan mengikuti training center di Jakarta, sebagai Guta Bahasa Nusantara (GBN) yang akan mengisi acara dalam perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Agustus mendatang.

Menurut Ujang Rafiduin, Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten, sebanyak 32 remaja se-Banten mengikuti audisi Gita Bahana Nusantara.

Sesuai dengan aturan yang berlaku, tiap kabupaten/kota harus mengirimkan empat remaja putra dan putri dalam mengikuti seleksi Gita Bahana Nusantara tersebut. "Dari 32 peserta yang berhasil lolos hanya mepat orang, yaitu putra dan putri suara terendah, dan putra putri suara tertinggi," kata Ujang kepada Banten Raya, kemarin.

Ia mengaku, agar audisi berjalan dengan baik dan fair, pihaknya melibatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai dewan juri dalam audisi tersebut. "Empat orang yang lolos berasal dari Kota Tangerang, Kota Serang dan Kabupaten Tangerang. Keempatnya akan mewakili Provinsi Banten di tingkat nasional," ujarnya.

Masih dijelaskan Ujang, mereka yang lolos audisi di tingkat provinsi akan dikirim ke Jakarta untuk mengikuti training center sebagai salah satu persiapan untuk paduan suara perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara."Mereka akan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan lagu daerah masing-masing. Mereka juga akan memakai pakaian daerah masing-masing," ungkapnya.

Ia menambahkan, peserta audisi Gita Bahasa Nusantara berusia 16 sampai dengan 23 tahun. Provinsi Banten sudah ke 16 tahun mengikuti Gita Bahana Nusantara, kata Ujang, sehingga pihaknya berkeinginan untuk membentuk paguyuban Gita Bahana Nusantara untuk membantu event serupa di tingkat kabupaten/kota.

"Paguyuban ini sama seperti paguyuban kang nong, atau alumni Gita Bahana Nusantara yang tugasnya membantu kegiatan serupa di tingkat kabupaten/kota. Dalam waktu dekat, paguyuban ini akan segera dibentuk," tegasnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook