Jadi Ajang Silaturahmi dan Berbagi Pengetahuan

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Senin, 22 April 2019 - 12:35:40 WIB   |  dibaca: 269 kali
Jadi Ajang Silaturahmi dan Berbagi Pengetahuan

JALIN SILATURAHMI: Pemilik domba menunjukkan domba terbaiknya sebelum pertunjukan dimulai, Minggu (21/4).

PADARINCANG – Para peternak kambing atau domba di Provinsi Banten melakukan berbagai kegiatan untuk melakukan promosi. Salah satunya dengan mengelar adu ketangkasan domba. Bertempat di Kampung Sukaraja, Desa Curug Goong, Kecamatan Padarincang puluhan warga berkumpul untuk menyaksikan adu ketangkasan domba yang digelar di kandang Rumah Domba di desa tersebut. Cuaca yang tidak terlalu panas membuat warga antusias untuk menyaksikan kegiatan yang jarang digelar di tempat mereka.

Adu ketangkasan domba atau adu domba di Desa Curug Goong mungkin belum sefamiliar adu domba di daerah asalnya, yaitu di Garut, Jawa Barat. Kegaiatan adu ketangkasan domba baru beberapa kali digelar setelah berdiri kandang Rumah Domba sejak dua tahun yang lalu.“Iya ini lagi ada kegiatan adu ketangkatasan domba,” kata Rahmat Hidayatullah, penglola kandang Rumah Domba, Minggu (21/4).

Adu ketangkasan domba digelar bukan untuk tujuan perlombaan atau menjadi alat untuk taruhan namun sebagai sarana silaturahmi antar pemilik peternakan yang ada di Banten. “Jadi kita mengundang para peternak untuk membawa domba terbaiknya untuk kita uji ketangkasannya,” ujarnya.

Tidak hanya itu, adu ketangkasan domba juga sebagai sarana untuk berbagi pengetahuan terkait dengan cara mengurus domba yang baik dan benar sehingga kualitas domba bisa menjadi super. “Kita belum sampai ada kelas-kelasnya untuk adu ketangkasan ini. Yang diadukan semua domba garut,” tuturnya.

Pegawai PDAM Tirta Albantani itu mengungkapkan, saat ini kegiatan adu ketangkasan domba hanya baru digelar di kandangnya, namun ke depan akan dilakukan secara bergantian. “Alhamdulillah masyarakat di sini merasa terhibur,” katanya.

Menurutnya, kualitas kambing atau domba yang ada di peternakan-peternakan di Banten tidak kalah dengan yang ada di luar Banten dan jumlahnya pun tidak sedikit dan hampir setiap kabupaten/kota ada. “Yang ikut adu ketangkasan ini ada dari Kabupaten Lebak, Kota Serang, ada juga dari Tangerang,” ujarnya. (TANJUNG)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook