Jadwal Seba Baduy Dimajukan

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Senin, 22 April 2019 - 12:44:12 WIB   |  dibaca: 400 kali
Jadwal Seba Baduy Dimajukan

Seba Baduy : Warga Suku Baduy duduk istirahat di pelataran rumahnya di Kampung Kaduketug, Desa Kanekes, kemarin.

RANGKASBITUNG - Warga Suku Baduy, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar dalam waktu dekat akan melaksanakan seba kepada Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dan Gubernur Banten Wahidin Halim (WH).

Seba Baduy merupakan bentuk silaturahmi warga suku Baduy dengan kepala daerah yakni bupati dan gubernur yang biasa disebut bapak gede. Seba biasa dilakukan setelah menjalani ritual kawalu selama tiga bulan. Untuk tahun ini, jadwalnya dipercepat."Waktu pelaksanaan seba tahun ini dimajukan. Dari seharusnya tanggal 6 Mei menjadi 4 Mei 2019," kata Kepala Desa Kanekes atau Jaro Saija kepada Banten Raya, kemarin.

Menurut Saija, pelaksanaan Seba Baduy dimajukan karena berdasarkan tanggal kalender tanggal 6 Mei, memasuki bulan puasa. Bertepatan hari pertama Ramadhan. "Sehingga ada usulan untuk dimajukan. Waktu seba dimajukan ini sudah biasa karena dulu juga begitu, untuk menghormati umat Islam sedang berpuasa," katanya.

Saija mengungkapkan, dimajukannya waktu pelaksanaan Seba tidak menjadi masalah karena sudah menjalankan ritual Kawalu. "Jadi nanti tanggal 4 Mei berangkat menemui Bupati Lebak, terus malamnya jalan kaki menemui Gubernur Banten. Sampe sana tanggal 5 Mei dan malamnya kita pulang," katanya.

Sarif warga Suku Baduy Luar menambahkan, waktu kepulangan warga Suku Baduy usai seba pas tanggal 6 Mei. "Pas waktu Sahur. Jadi pas umat Islam melaksanakan sahur kita pulang jalan kaki," katanya.

Kabag Humas Pemkab Lebak Eka Prasetiawan menuturkan, Pemkab Lebak telah mempersiapkan penyambutan Seba Baduy yang waktu pelaksanaan dimajukan tanggal 4 Mei. "Untuk persiapan seperti biasa akan ada bazar atau pameran produk lokal di sekitar Alun-alun. Warga Baduy akan disambut dari Jembatan Keong, Desa Aweh sampai ke Pendopo," katanya. (purnama)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook