Targetkan Juara Perpustakaan Tingkat Provinsi

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Selasa, 23 April 2019 - 11:11:01 WIB   |  dibaca: 270 kali
Targetkan Juara Perpustakaan Tingkat Provinsi

PENILAIAN : Sejumlah tim penilai lomba perpustakaan tingkat Provinsi Banten saat berada di Perpustakaan Kelurahan Bendungan, Senin (22/4).

CILEGON – Budaya literasi diyakini masih minim di Kota Cilegon. Namun, hal tersebut bukan berarti menjadi penyebab perpustakaan yang ada di kelurahan vakum, justru perpustakaan di Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon tengah giat-giatnya mengkampanyekan membaca di perpustakaan kelurahan.

Bahkan, saat ini Perpustakaan Kelurahan Bendungan menjadi wakil Kota Cilegon dalam penilaian lomba perpustakaan se-Provinsi Banten. Hal itu karena pada tingkat Kota Kelurahan Bendungan sudah menang dan menjadi juara 1.

Lurah Bendungan, Maman Herman mengungkapkan, Perpustakaan Kelurahan Bendungan sudah berdiri sejak 2011, sejumlah prestasi pernah diraih, salah satunya pernah menjadi juara 1 tingkat provinsi. Untuk sekarang, kata Maman, Kelurahan Bendungan kembali menjadi wakil dan diharapkan bisa menjadi juara kembali.

“Dulu pernah kita juara, semoga saja untuk tahun ini (2019-red) bisa menjadi juara lagi,” katanya kepada Banten Raya saat menerima kunjungan dari tim penilai lomba perpustakaan kelurahan tingkat Provinsi Banten, Senin (22/4).

Maman menjelaskan, ada kurang lebih 3 ribu koleksi buku yang sudah tersedia. Jumlah tersebut cukup ideal untuk ukuran perpustakaan kelurahan. Sementara untuk pengunjung, imbuh Maman, setiap harinya 10 sampai 15 warga datang untuk membaca.

“Dengan sosialisasi yang selalu kami lakukan di setiap agenda acara kelurahan, alhamdulillah kunjungan mencapai 10 orang per harinya. Angka tersebut diharapkan bisa bertambah lagi dengan sosialisasi yang semakin masif dilakukan,” imbuhnya.

Camat Cilegon, Idad Zaldad mengajak kepada warga untuk bisa memanfaatkan fasilitas perpustakaan yang sudah disediakan oleh pemerintah kelurahan. Sebab, dengan adanya perpustakaan tersebut bisa menambah wawasan warga dalam hal pendidikan.“Ini menjadi kepedulian kami sebagai pemerintah dalam hal pendidikan, tinggal warga diharapkan bisa maksimal memanfaatkannya,” ungkapnya.

Idad menyatakan, tak haya Kelurahan Bendungan saja yang sudah memiliki perpustakaan. Namun, seluruh kantor kelurahan di Kecamatan Cilegon semuanya sudah memiliki. Hal itu, kata Idad menjadi wujud jika pemerintah peduli akan pendidikan warga.“Semuanya sudah ada di kantor kelurahan, selain menjadi fasilitas pendukung pelayanan. Perpustakaan menjadi bagian tanggung jawab pemerintah dalam hal pendidikan,” paparnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook