Penginputan Data C1 Dikebut

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Selasa, 23 April 2019 - 11:28:23 WIB   |  dibaca: 400 kali
Penginputan Data C1 Dikebut

HITUNG SUARA: Puluhan operator tengah melakukan penghitungan suara Pemilu 2019 di kantor KPU Lebak, Senin (22/4).

RANGKASBITUNG- Komisioner Komisi Pemilih Umum (KPU) Kabupaten mempercepat pelaksanaan pengitungan formulir C1 plano (catatan hasil penghitungan surat suara) tingkat TPS (tempat pemungutan suara) pemilu 2019. Proses penghitungan C1 plano dilakukan di ruang sistem informasi penghitungan suara (situng) pemilu 2019 di kantor KPU Lebak.

"Proses penghitungan C1 plano terus dikebut. Soalnya hari ini merupakan hari terakhir penyetoran data sementara hasil penghitungan suara," kata Komisioner KPU Lebak Lita Rosita kepada Banten Raya di Kantor KPU Lebak, Senin (22/4).

Menurutnya, KPU RI memberikan waktu penyetoran data sementara hasil penghitungan suara melalui aplikasi situng selama lima hari usai hari pencoblosan. Sampai dengan hari ini jumlah C1 plano yang disetorkan belum 100 persen.

"Beberapa desa ada yang belum menyetorkannya. Sehingga pada hari ini para komisioner turun ke lapangan untuk monitoring sekaligus melakukan jembut bola kepada desa yang belum meyerahkan formulir C1 plano," katanya.

Lita mengatakan, pihaknya sangat memahami terjadinya keterlambatan proses penyerahan C1 plano. Mengingat wilayah Kabupaten Lebak dari segi infrastruktur belum semuanya dalam kondisi baik, khususnya di daerah pedalaman. "Ditambah mereka mungkin kelelahan. Untuk mempercepat makanya kita lakukan jemput bola," katanya.

Komisioner KPU Lebak lainnya Encep Supriatna menuturkan, pihaknya mendapatkan tugas melakukan monitoring dan jembut bola ke wilayah Kecamatan Cikulur. "Saya akan memantau pelaksanaan di Kecamatan Cikulur. Lalu dilanjut ke Banjarsari," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Lebak Ni'matullah menuturkan, proses situng formulir C1 plano masih berjalan. "Untuk situng dikerahkan 25 orang operator. Mereka bekerja siang dan malam untuk menyajikan hasil hitung sementara yang akurat dan akuntabel," katanya. (purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook