Kelola Air, DPUPR Bentuk P3A

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Rabu, 24 April 2019 - 13:24:08 WIB   |  dibaca: 288 kali
Kelola Air, DPUPR Bentuk P3A

PEMBERDAYAAN : Para petani di Kabupaten Serang menghadiri pembentukan P3A tingkat Kabupaten Serang oleh DPUPR, Selasa (23/4).

SERANG – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Serang membentuk Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) tingkat Kabupaten Serang. Adapun tujuan dibentuknya P3A tersebut untuk memastikan air dari saluran irigas sekunder yang ditangani DPUPR mengalir dengan baik ke saluran irigasi tersier. Selain itu, keberadaan P3A juga sebagai wadah yang mengatur pengelolaan air bagi para petani.

Kepala Bidang (Kabid) Irigasi DPUPR Kabupaten Serang Nurlaela mengatakan, pembentukan P3A dalam rangka untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan para petani di Kabupaten Serang. “Pengelolaan air yang ada di irigasi tidak bisa berjalan kalau hanya kita yang mengurus, maka perlu ada keterlibatan petani yang tergabung dalam P3A ini,” kata Laela, di aula Tb Suwandi, Pemkab Serang, Selasa (23/4).

Ia menjelaskan, P3A sebenarnya sudah lama terbentuk dengan sebutan Ulu-ulu namun dalam beberapa tahun terakhir sudah tidak aktif lagi karena kurangnya pemberdayaan. “Intinya P3A ini untuk mewadahi petani dalam hal pembagian air. Jadi nanti petani yang membutuhkan air mereka bisa berhubungan dengan P3A. Jangan sampai ada keributan di lapangan karena tidak ada wadah yang mengatur,” ujarnya.

Laela menuturkan, dalam sistem irigasi ada saluran primer atau saluran induk dari bendung yang menjadi kewenangan pemerintah pusat, kemudian saluran sekunder yang menjadi kewenangan DPUPR, dan saluran tersier yang menjadi kewenangan petani atau P3A. “Peran mereka (P3A-red) juga menjaga dan memelihara saluran tersier, kalau ada DI (daerah irigasi) yang rusak sampaikan ke juru pengairan,” paparnya.

Ia memastikan, sampai saat ini sawah petani yang teraliri air sudah di atas 90 persen. Sedangkan untuk jumlah DI di Kabupaten Serang yang ada dalam data base sebanyak 282 DI. “Nanti kita akan membuat DI mandiri tapi itu tergantung dari kesiapan P3A-nya. Kalau untuk jumlah P3A yang ada di berita acara kita sebanyak 144 orang nanti akan di SK-kan oleh Ibu Bupati Serang (Rt Tatu Chasanah-red),” katanya.

Sementara itu, Ketua P3A Sinar Jaya, Kecamatan Gunungsari Mahmudi mengatakan, DI yang ada di wilayahnya masih berfungsi dengan baik. “Kalau irigasi yang ada di tempat kami kebanyakan konturnya terbentuk oleh alam. Untuk panjang irigasinya 1.000 meter untuk mengairi 104 hektar persawahan. Saya berharap ke depan dengan adanya P3A tingkat Kabupaten Serang ini suplai air untuk petani lebih baik lagi,” ujarnya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook