Bupati Instruksikan Petugas Kesehatan Siaga

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Rabu, 24 April 2019 - 13:25:22 WIB   |  dibaca: 232 kali
Bupati Instruksikan Petugas Kesehatan Siaga

JANGAN SAMPAI TUMBANG : Para petugas kesehatan dari puskesmas memeriksa penyelenggara pemilu dan petugas keamanan yang sedang menggelar pleno di tingkat kecamatan-kecamatan, Selasa (23/4).

SERANG - Proses pemungutan hingga perhitungan suara pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres) cukup melelahkan bagi para penyelenggara, bahkan dari mereka ada yang jatuh sakit bahkan meninggal dunia. Melihat kondisi itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengintruksikan para kepala puskesmas untuk siaga di tempat-tempat pleno pemilu di tingkat kecamatan.

Para petugas kesehatan diminta untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis dan siaga selama proses perhitungan suara berlangsung. Bahkan jika dibutuhkan, pelayanan kesehatan harus diberikan selama 24 jam di semua tempat pleno. “Petugas kesehatan sudah siaga dan memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada semua penyelenggara pemilu,” kata Tatu, Selasa (23/4).

Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Bawaslu dan KPU Kabupaten Serang dalam proses pelayanan kesehatan tersebut. Para pihak yang terlibat dalam rapat pleno perhitungan suara, dicek kesehatannya dan diberikan obat atau vitamin secara gratis jika diketahui dalam kondisi kurang sehat. “Termasuk petugas pengamanan dari TNI dan Polri, harus diberikan pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Tatu mengimbau kepada masyarakat untuk mendoakan serta membantu apa pun yang bisa dilakukan untuk para pejuang demokrasi yang saat ini tengah menyelesaikan proses pileg dan pilpres di semua tahapan. “Tetap jaga kebersamaan dan menciptakan suasana yang kondusif. Kita jalani proses pemilu ini sesuai aturan,” tuturnya.

Ketua KPU Kabupaten Serang Abidin Nasyar mengungkapkan, semua petugas kesehatan dari puskesmas sudah hadir di semua tempat pleno perhitungan suara tingkat kecamatan. “Saya mendapat laporan, petugas kesehatan sudah bekerja, mulai dari mengecek kesehatan hingga memberikan pengobatan kepada para petugas pemilu yang sedang bekerja,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Bawaslu Kabupaten Serang Abdurohman mengaku sudah berkoordinasi dengan Pemkab Serang perihal pelayanan kesehatan bagi penyelenggara perhitungan suara di tingkat kecamatan. Ia meminta proses pelayanan kesehatan disiagakan selama proses perhitungan suara, sebab ada rapat pleno yang dimulai pukul 13.00 WIB hingga malam hari.“Kita merasa negara hadir di tengah penyelenggaraan pemilu yang akan menghasilkan penyelenggara negara. Banyak yang mengapresiasi kebijakan Pemkab Serang ini, dan semoga menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah yang lain,” kata pria yang akrab disapa Oman itu. (*/tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook