DPRD Kabupaten Serang Dihuni Wajah-wajah Baru

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Rabu, 24 April 2019 - 13:26:44 WIB   |  dibaca: 11991 kali
DPRD Kabupaten Serang Dihuni Wajah-wajah Baru

DPRD Kabupaten Serang kemungkinan besar akan dihuni oleh wajah-wajah baru. Pertama karena banyak anggota DPRD Kabupaten Serang yang mencalonkan diri di tingkat provinsi, dan yang kedua memang ada sosok-sosok baru yang terpilih.

Di Golkar misalnya, anggota dewan wajah baru muncul dari dapil 1, dapil 3, dapil 4, dan dapil 5. Sumber internal Partai Golkar Kabupaten Serang mengatakan bahwa anggota DPRD dari dapil 1 Ahmad Yani dan Dada Suhada kemungkinan terpental dan digantikan oleh Bahrul Ulum, dan Neli. Kemudian di dapil 3 ada nama Sanudin yang muncul di posisi kedua setelah Ahmad Zaeni (petahana). Di dapil 4, Baenurzaman dikabarkan mendapat peringkat pertama menggeser Damami Muchriji.

Sementara di daerah pemilihan 5, nama Mawardi muncul bersama dengan Nasrul Ulum (petahana). Ketua Harian DPD Golkar Kabupaten Serang Ahmad Zaeni tak membantah saat dikonfirmasi hal tersebut. "Suara masih berproses, kita masih terus menunggu," kata Zaeni, kemarin.

Di PKS, muncul nama Akhmad Jajat di daerah pemilihan 3, menggantikan Mochamad Dana yang nyalon di DPRD Provinsi Banten. Selain itu ada nama Agus di daerah pemilihan 2 yang menggeser Gembong R Sumedi yang juga mencalonkan diri di DPRD Provinsi Banten. "Kalau dapil 1 kayaknya masih Pak Ahmad Faisal. Dapil 5 Pak Mansur (Mansur Barmawi), dapil 4 masih Pak Supiyanto," kata sumber internal PKS.

Adapun Ketua DPD PKS Kabupaten Serang Mansur Barmawi belum mau berkomentar banyak soal perolehan suara partainya. "Kemungkinan kita lima kursi. Persisnya nanti lihat secara keseluruhan pleno," katanya.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Serang Adhadi Romli mengatakan, kemungkinan pihaknya mendapatkan kembali lima kursi. Adhadi sendiri kemungkinan besar lolos menjadi anggota DPRD Kabupaten Serang dari dapil 4. Bersama dia ada pula Basuki Rahmat dari dapil 5 (petahana), Madjuni dari dapil 2 (petahana), dan Suaedi dari dapil 3 (wajah baru).

Ketua DPC Gerindra Kabupaten Serang Samsul Rizal mengatakan, suara Partai Gerindra yang sudah berhasil diinput hampir mencapai 100 ribu sura. “Untuk akumulasi suara yang sudah terinput kurang lebih sekitar 100 ribu. Jadi kita punya potensi bisa mengungguli Partai Golkar. Seperti di dapil Serang 4 suara kita di kisaran 27 ribu sedangkan Partai Golkar di bawah kita, yaitu 24 ribu,” kata Samsul.

Ia menuturkan, perolehan kursi di DPRD Kabupaten untuk Partai Gerindra diprediksi mengalami peningkatan dari periode sebelumnya hanya lima kursi tahun ini diprediksi mencapai 10 kursi. “Untuk dapil Serang 1 kita punya potensi dapat dua kursi, pertama incumbent (Sahari-red) kemudian Pak Rafe'i. Untuk dapil Serang 2 mudah-mudahan kita bisa nambah satu kalau melihat suara yang sudah masuk,” ujarnya.

Sedangkan untuk dapil Serang 3, Samsul mengungkapkan, ada kemungkinan penambahan perolehan kursi dari yang sebelumnya hanya satu kursi menjadi dua kursi. “Kalau untuk dapil Serang 4 periode yang lalu dua kursi masih bertahan dua kursi, kemudian untuk dapil 5 kemungkinan besar kita dapat dua kursi. Untuk dapil Serang 4 kita sudah positif mendapat dua kursi sedangkan Golkar hanya mendapatkan satu kursi,” paparnya.

Samsul menuturkan, keberhasilan dalam meningkatkan perolehan kursi di DPRD tersebut tidak terlepas dari upaya-upaya yang telah dilakukan Partai Gerindra salah satunya memperkuat kaderisasai. “Kita dapat bonus elektoral dari Pak Prabowo sebagai Ketua Umum Partai Gerindra sehingga berdampak pada peroleh suara Partai Gerindra di Kabupaten Serang,” ujarnya.

Ketua DPD PAN Kabupaten Serang Jaenudin optimis jika PAN tetap bisa mendapat jatah pimpinan DPRD karena sesuai perhitungan internal PAN menjadi pemenang keempat di Kabupaten Serang. “Untuk perolehan suara tingkat Kabupaten Serang sampai saat ini sudah mencapai 59.955 suara. Alhamdulillah masing-masing dapil PAN dapat satu kursi. Jadi PAN berpotensi jadi wakil ketua DPRD,” katanya.

Zaenudin mengungkapkan, untuk calon legislatif dari PAN yang berpotensi menduduki kursi DPRD Kabupaten Serang mayoritas orang-orang baru, namun demikian pihaknya belum bisa menyebutkan nama-namanya sebelum ada pengumuman resmi dari KPU Kabupaten Serang. “Untuk tahun lalu dapil Serang 4 kita kosong, Alhamdulillah tahun ini kita dapat satu kursi. Harapan kita kinerja Fraksi PAN ke depan lebih baik,” tuturnya. (fikri/tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook