Pemkot Gelar Bazar Sampai Lebaran

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 25 April 2019 - 11:15:58 WIB   |  dibaca: 219 kali
Pemkot Gelar Bazar Sampai Lebaran

BAZAR: Wakil Walikota Serang Subadri Usuludin menyalami nenek-nenek yang ikut antre membeli sembako di bazar sembako murah yang digelar Disperindagkop UKM Kota Serang, di halaman Kelurahan Pancalaksana, Rabu (24/4).

SERANG- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mulai menggelar bazar dengan menjual aneka kebutuhan pokok kepada masyarakat tidak mampu. Bazar akan berlangsung di 6 kecamatan sampai menjelang Lebaran nanti.

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Kota Serang Akhmad Benbela mengatakan bahwa sejak 22 April lalu bazar telah dimulai. Adapun sejumlah bahan pokok yang dijual adalah beras, tepung, minyak goreng, dan gula.

Bazar barang murah ini diharapkan dapat membantu masyarakat kurang mampu dalam menghadapi dua momen paling penting bagi masyarakat, yaitu bulan puasa dan Lebaran.“Setidaknya ini bisa membantu masyarakat menengah ke bawah yang tidak mampu dalam menghadapi puasa dan hari raya agar memiliki bekal makanan,” kata Benbela, Rabu (24/4).

Benbela mengungkapkan dalam satu paket bahan pokok yang dijual, Pemkot Serang menyubsidi sebesar Rp 105.000. Padahal, harga sesungguhnya adalah Rp 115.000. Dengan adanya subsidi ini, maka harga bahan pokok yang dijual menjadi lebih mahal. “Masyarakat cukup membayar Rp 10.000 untuk satu paket,” katanya.

Benbela mengatakan bahwa berdasarkan kebiasaan setiap tahun, komoditas seperti beras, tepung, minyak goreng, dan gula akan mengalami kenaikan mendekati bulan puasa dan Lebaran. Sebab pada saat itu, konsumsi masyarakat akan komoditas tersebut menjadi lebih banyak. Meski saat puasa masyarakat hanya makan selama dua kali, saat buka puasa dan sahur, namun jumlah konsumsi mereka malah meningkat.“Biasanya ada peningkatan kebutuhan tiga kali lipat,” katanya.

Maka, dengan adanya bazar ini, diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat akan sejumlah komoditas yang akan mengalami kenaikan pada saat puasa dan Lebaran nanti.
“Bazar sudah kita gelar di Curug lalu selanjutnya di Walantaka dan kecamatan lain sampai Idul Fitri,” tuturnya.

Kepala Seksi Bina Usaha dan Sarana Perdagangan Nandha Iskandar mengatakan bahwa dalam bazar produk murah ini Disperindagkop dan UKM Kota Serang bekerja sama dengan sejumlah ritel yang ada di Kota Serang. Diharapkan ritel yang bergabung bisa menjual produk mereka dengan harga di bawah standar. “Rata-rata harganya dapat diskon 50 persen,” kata Nandha. (tohir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook