DPK Banten Dorong Budaya Membaca

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Kamis, 25 April 2019 - 12:27:30 WIB   |  dibaca: 400 kali
DPK Banten Dorong Budaya Membaca

BINCANG-BINCANG: Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Banten, Ajak Moeslim (kiri) berbincang-bincang dengan tamu undangan dalam kegiatan Pentas Seni Komunitas, di lapangan DPK Banten.

SERANG - Dalam rangka memperingati Hari Buku Internasional, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Banten menggelar Pentas Seni Komunitas, Selasa (23/04) malam di lapangan kantor DPK Banten.

Kepada Banten Raya, Kepala DPK Banten, Ajak Moeslim mengatakan, sesuai dengan arahan dan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, dimana perpustakaan harus menjadi sarana untuk mengkampanyekan budaya membaca melalui sejumlah kegiatan yang kreatif dan menarik bagi para pengunjung.

"Salah satu yang kami lakukan dengan menggelar kegiatan seperti ini, yaitu talkshow, pembacaan puisi dan musik dengan menghadirkan sejumlah seniman dan budayawan agar lebih menarik pengunjung. Kami juga mengundang pelajar mahasiswa, Dewan Perpustakaan dan instansi terkait lainnya," kata Ajak.

Ia mengaku, kegiatan ini sengaja dilakukan pada malam hari, agar suasana berbeda dan para tamu undangan juga duduk lesehan tanpa ada sekat agar lebih kekeluargaan dalam mengikuti kegiatan.

Masih dijelaskan Ajak, Hari Buku Internasional rutin diperingtati sejak Tahun 1923. Di Indonesia sendiri baru dirakan kali pertama pada Tahun 1996 saat Abdul Malik Fadjar menjabat sebagai Menteri Pendidikan."Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan semangat kepada masyarakat Banten untuk gemar membaca, dan memberikan pemahaman bahwa buku itu penting. Peradaban suatu bangsa tidak akan maju dan berkembang tanpa membaca," ungkap Ajak.


Dalam kesempatan itu, Ajak juga berharap kegiatan ini tidak hanya kegiatan seremonial, namun kegiatan ini menjadi salah satu upaya DPK Banten untuk membangkitkan semangat membaca buku dikalangan generasi milenial.

Senada disampaikan Kepala Seksi Pembudayaan Kegemaran Membaca pada DPK Banten, Evi Syaefudin, kegiatan ini menghadirkan penyair asal Bandung Benyamin Fasya yang akan mengisi acara dengan membacakan puisi.

"Talkshow yang menghadirkan pembicara Ibnu dan Nudi Para Erlang. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan permainan musik," katanya.Ia menambahkan, sesuai dengan sambutan Kadis DPK Banten, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Banten. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook