ASTRA Tol Tanam 3.000 Pohon Mangrove

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Kamis, 25 April 2019 - 12:35:49 WIB   |  dibaca: 209 kali
ASTRA Tol Tanam 3.000 Pohon Mangrove

SIAP DITANAM : Direktur SDM dan Pelayanan Bisnis PT MMS, Masrana (kelima dari kiri) dan perwakilan manajemen ASTRA Tol Tangerang-Merak, perwakilan DLHK Provinsi Banten, DLHK Kota Serang, serta KPAPPD Serang menyiapkan pohon Mangrove untuk ditanam, kemarin.

TANGERANG - PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) secara berkelanjutan melakukan upaya perlindungan dan konservasi lingkungan dengan melakukan penanaman 3.000 pohon Mangrove dalam rangka peringatan Hari Bumi yang dilaksanakan di Pesisir Pulau Dua, Kelurahan Karangantu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Rabu (24/4).

Penanaman pohon Mangrove ini juga membuktikan ASTRA Tol Tangerang-Merak menjelang usianya yang ke 30 tahun senantiasa berupaya menjaga kesinambungan atau sustainability antara usaha, sumber daya manusia, dan lingkungan yang dituangkan dalam strategi perusahaan triple P roadmap, people, planet, dan profit.

Dalam kesempatan ini secara seremonial 100 orang berpartisipasi untuk melakukan penanaman Mangrove yang dipimpin langsung oleh Direktur SDM dan Pelayanan Bisnis PT Marga Mandalasakti, Masrana.

Peserta terdiri dari perwakilan manajemen ASTRA Tol Tangerang-Merak, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Banten, DLHK Kota Serang, serta Kelompok Pecinta Alam Pesisir Pulau Dua (KPAPPD) Serang di bawah naungan Wetland Indonesia, yang merupakan Yayasan International pengelola lahan basah di Pesisir Pulau Dua.

Masrana mengatakan, melalui peringatan Hari Bumi “Protect Our Species”, penanaman 3.000 pohon Mangrove yang dilakukan ASTRA Tol Tangerang-Merak merupakan salah satu bentuk kepedulian lingkungan di lokasi Kawasan Pertambakan Pesisir Pulai Dua, Kota Serang.

Tentunya, lanjt Masrana, penghijauan ini dilakukan karena pohon Mangrove memiliki peranan penting, baik untuk konservasi lingkungan hidup maupun perekonomian masyarakat Pesisir Pulau Dua, Kota Serang.

“Penghijauan yang kami lakukan ini tentunya memiliki berbagai manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Dari aspek ekologis, mangrove selain dapat menahan abrasi pantai juga dapat menjadi habitat biota laut seperti ikan, udang dan biota laut lainnya.

Tidak hanya itu mangrove ini juga dapat dimanfaatkan masyarakat Pesisir Pulau Dua yang merupakan petambak bandeng untuk menjaga longsoran pinggir kolam tambak dan juga bangkai tanaman mangrove yang lapuk akan menjadi lumpur empuk sebagai sumber pakan ikan sehingga menghemat biaya pakan ikan,” jelas Masrana.

Melalui pilar lingkungan, kata Masrana, di bulan sebelumnya ASTRA Tol Tangerang-Merak juga telah melakukan Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara (PRANARAKSA) yang terdiri dari 18 jenis tanaman buah langka di akses Gerbang Tol Cikande. Sehingga total penghijauan yang dilakukan di sepanjang ruas Tol Tangerang-Merak sebanyak 2.410 pohon.

"Dengan dilakukannya konservasi lingkungan di baik yang berada di sepanjang ruas Jalan Tol Tangerang-Merak maupun lingkungan sekitar perusahaan, ASTRA Tol Tangerang-Merak berharap penanaman Mangrove yang dilakukan di area pertambakan di Pesisir Pulau Dua Kota Serang akan meningkatkan manfaat bagi masyarakat sekitar dan lingkungan hidup untuk

mencegah dampak global efek rumah kaca. Sehingga pelestarian lingkungan yang dilakukan oleh ASTRA Tol Tangerang-Merak dapat terus dijaga bersama-sama untuk masa depan anak cucu kita," tegasnya. (*/marjuki)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook