11 Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Jumat, 26 April 2019 - 12:55:23 WIB   |  dibaca: 392 kali
11 Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung

RUSAK : Warga memperbaiki rumahnya yang rusak diterjang puting beliung, Kamis (25/4).

PANIMBANG - Sedikitnya 11 rumah warga Kampung Bodur, RT 02 RW 06, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang rusak usai dihantam angin puting beliung, Rabu (24/4). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun membuat atap rumah warga rusak. Jarman, Ketua RT 02 Kampung Bodur membenarkan, angin puting beliung yang menerjang wilayahnya terjadi sekitar pukul 17.30 WIB.

"Pas kejadian kampung kami hujan, gak lama ada suara angin bergemuruh dari arah barat. Warga pada teriak ada angin puting beliung, saya kan kaget langsung keluar rumah sama keluarga menyelamatkan diri," kata Jarman, ditemui di rumahnya, Kamis (25/4).

Dalam peristiwa itu, kata Jarman, belasan rumah warga rusak berat hingga ringan. "Dari total 11 rumah yang rusak milik Marja, Masduki, Kalwat, Sayu, Yanto, Santa, Junaedi, Sayuti, Rohman, Soleman dan Karman. Semua rumah rusak di bagian atap dan sekarang lagi pada dibenerin," ujarnya.

Camat Panimbang Suaedi Kurdiatna mengatakan, saat mendapat laporan, pihaknya langsung meninjau rumah warga yang terkena angin puting beliung. "Sudah saya tinjau, rumah yang rusak sedang diperbaiki," ungkapnya.

Suaedi mengaku sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang atas bencana tersebut agar memberikan bantuan. "Datanya sudah kami sampaikan ke BPBD. Semoga dalam waktu dekat ada bantuan untuk warga yang rumahnya pada rusak akibat puting beliung," harapnya.

Ketua Tagana Pandeglang Ade Mulyana menyebutkan, ketika mendapat laporan peristiwa itu, pihaknya langsung mengutus anggotanya untuk membantu warga membereskan puing-puing reruntuhan bangunan. "Gak ada korban, warga pada selamat. Saat ini warga sedang gotong royong membersihkan rumah yang rusak," katanya.

Dijelaskannya, angin puting beliung tersebut diakibatkan cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah Pandeglang. Ade mengimbau warga untuk tetap waspada, mengingat intensitas hujan dan angin masih akan berlangsung. "Berdasarkan laporan yang diterima dari BMKG peringatan dini cuaca berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang," jelasnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook