Sistem Satu Arah Akan Diberlakukan 24 Jam

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 26 April 2019 - 12:56:44 WIB   |  dibaca: 572 kali
Sistem Satu Arah Akan Diberlakukan 24 Jam

PADAT : Arus lalu lintas di jalur protokol Kota Serang, tepatnya Jalan Ahmad Yani, kemarin. Rencananya, sistem satu arah akan diberlakukan 24 jam guna mengurai kepadatan.

SERANG - Sistem satu arah (SSA) atau one way di Jalur Protokol Kota Serang diputuskan akan diberlakukan selama 24 jam. Namun sebelumnya, Satlantas Polres Serang Kota dan Pemkot Serang akan melakukan sosialisasi dan akan kembali melakukan uji coba untuk kedua kalinya.

Kasatreskrim Polres Serang Kota AKP Ali Rahman Cipta Prawira mengatakan, uji coba SSA yang dilaksanakan pada 20, 22, dan 23 April 2019 dinyatakan optimal, dan mampu meminimalisir terjadinya kemacetan."Selama kita ujicobakan, seperti yang terjadi di Kebon Jahe arah Ciracas setiap pagi dan sore tidak ada antrean dan terurai," katanya kepada Banten Raya, Kamis (24/4).

Menurut Ali, uji coba akan kembali dilaksanakan pada 30 April hingga 3 Mei mendatang. "Kita akan uji coba lagi 4 hari, pada tanggal 30 dari jam 6 sampai jam 12 sore, hari keduanya dari jam 12 siang sampai jam 6 sore. Kemudian tanggal 2 Mei sama sepeti hari pertama dan tanggal 3 Mei dari jam 2 siang sampai jam 6 sore," ujarnya.

Lebih lanjut, Ali mengungkapkan, inisiasi diberlakukannya SSA selama 24 jam itu lantaran pihaknya menilai, akan ada dampak negatif apabila hanya diberlakukan pada jam-jam tertentu, salah satunya kecelakaan."Iya full 24 jam, karena dengan sistem waktu dan apabila tidak ada petugas ini cukup rawan terjadinya kecelakaan," ungkapnya.

Ali menegaskan, uji coba SSA hasil dari analisis konsultan terkait tingkat pelayanan jalan semakin meningkat. Kemudian antrean dari analisis itu semakin memendek khususnya di simpang-simpang yang terdampak SSA.“Hasil dari pada uji coba pertama kemarin terbukti lebih cepat 10 menit dibandingkan, sebelum adanya uji coba sistem satu arah,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Dalops Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang Herunajaya mengatakan, pada uji coba SSA yang kedua selama empat hari nanti akan ada penambahan waktu selama pelaksanaanya.

Tidak seperti uji coba sebelumnya."Pertimbangan penambahan uji coba ini, karena memang kemarin kita uji coba yang pertama waktunya dari jam 06.00-09.00. Sekarang dari 06.00-12.00 WIB. Kita ingin menambah waktu dalam rangka sosialisasi ke masyarakat. Karena masyarakat masih banyak juga yang belum paham, belum tahu, bahwa kita sedang memberlakukan sistem satu arah," katanya.  (darjat)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook