Seba Baduy 2019 Lebih Sederhana

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Sabtu, 27 April 2019 - 11:33:44 WIB   |  dibaca: 716 kali
Seba Baduy 2019 Lebih Sederhana

BUAT KTP : Sejumlah warga Baduy antre saat dilakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik beberapa waktu yang lalu.

SERANG - Seba Baduy Tahun 2019 akan dilaksanakan Tanggal 5 dan 6 Mei mendatang di Museum Negeri Banten berlangsung dengan kesederhanaan. Hal tersebut diungkapkan Ujang Rafiudin, Kepala Bidang Kebudayaan, pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten.

Menurutnya, berdasarkan hasil rapat dengan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dan pemerintah kabupaten Lebak, Pandeglang dan Serang serta stakeholder terkait, seba baduy tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu dilaksanakan lebih sederhana. Hal tersebut dikarena menyambut bulan suci Ramadan.

"Para kaolotan (tokoh masyarakat) Baduy sendiri sangat mendukung, jika pelaksanaan Seba baduy berlangsung sederhana karena menyambut Ramadan. Bahkan, para kaolotan ingin Seba Baduy dilaksanakan tanpa harus mengganggu umat muslim yang ingin menjalankan ibadah puasa," kata Ujang kepada Banten Raya di ruang kerjanya.

Ia menjelaskan, secara keseluruhan Seba Baduy akan dilaksanakan Tanggal 3 sampai dengan 6 Mei. Namun untuk kegiatan di Museum Negeri Banten, Seba Baduy akan dilaksanakan Tanggal 5 Mei sekitar pukul 13.00 WIB. Warga Baduy yang sampai Serang langsung ditempatkan di Museum Negeri Banten, kemudian sekira pukul 16.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB akan dilaksanakan ritual Seba.

Salah satu perbedaan dalam Seba Baduy tahun ini, lanjutnya, adalah kegiatan lebih sederhana dan tidak ada pertunjukan wayang golek. Untuk hiburan Seba Baduy akan ada panampilan ubruk dari Kabupaten Tangerang.

"Rencananya Gubernur, Wakil Gubernur, Sekda Banten dan sejumlah stakeholder akan menghadiri Seba Baduy. Warga Baduy yang sudah sampai di Museum Negeri Banten hanya menginap semalam, dan besok paginya mengunjungi Bupati Serang sambil menunggu warga baduy yang ingin pulang dengan menggunakan bus yang sudah kami sediakan," ungkapnya.

Hal senada disampaikan Hj Hiliawati, Kasie Sejarah dan Tradisi pada Dindikbud Banten, perbedaan lainnya dalam perayaan Seba Baduy Tahun ini adalah, untuk Exciting Baduy yang menjadi program Dinas Pariwisata Banten akan dilaksanakan di Kabupaten Lebak Tanggal 3 sampai 4 Mei.

"Sesuai arahan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, agar kegiatan Seba Baduy bisa berjalan lancar, dan menyambut Ramadan juga bisa dilaksanakan dengan baik, maka Seba Baduy dilaksanakan dengan sederhana, namun tidak menghilangkan nilai budaya dan tradisi dari kegiatan tersebut," katanya. (satibi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook