DPAD Cilegon Juara I Nasional

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Senin, 29 April 2019 - 10:59:35 WIB   |  dibaca: 238 kali
DPAD Cilegon Juara I Nasional

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Cilegon Nur Fatma saat menerima Piagam Penghargaan Lomba Lembaga Keasipan Daerah 2019 di Kota Makassar, Sabtu (27/4).

CILEGON - Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Cilegon ke-20 yang jatuh pada 27 April 2019 lalu, bertambah manis dengan torehan prestasi tingkat nasional yang diraih oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Cilegon. DPAD Kota Cilegon baru saja menyabet Juara I Lomba Lembaga Kearsipan Daerah tingkat Nasional yang pengumumannya dilakukan di Kota Makassar, Sabtu (27/4) malam.

Pemberian penghargaan dilakukan di Makassar berbarengan dengan Pameran Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam rangka menyambut Hari Kearsipan Nasional ke-48 tahun 2019 yang jatuh pada 18 Mei 2019.

Pada kesempatan ini juga diselenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kearsipan 2019. Penghargaan Kearsipan Daerah Kota atau Kabupaten Juara I Kota Cilegon, Juara II Kota Bogor, dan Juara III Kabupaten Sijunjung. Penghargaan diberikan oleh Kepala ANRI Mustari Irawan. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala DPAD Kota Cilegon Nur Fatma.

Kepala DPAD Kota Cilegon Nur Fatma mengaku sangat bersyukur atas raihan prestasi yang ditorehkan oleh DPAD Kota Cilegon dalam pengelolaan Lembaga Kearsipan Daerah tingkat Nasional. Apalagi prestasi tersebut diraih tepat di HUT Kota Cilegon ke-20. “Sebelumnya, kita masuk ke enam besar kota atau kabupaten yang dinobatkan Kearsipan Daerah, Cilegon mengalahkan beberapa daerah seperti Kabupaten Tangerang dan Kota Bogor,” kata Nur Fatma saat dihubungi Banten Raya melalui sambungan telepon, Minggu (28/4).

Dikatakan, masuknya Cilegon sebagai juara I Lembaga Kearsipan Daerah tidak terlepas dari program-program peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) arsiparis yang ada di Kota Cilegon. Di samping juga peningkatan kapasitas prasarana dan sarana yang mendukung kinerja DPAD Kota Cilegon. “Dengan raihan prestasi ini, kami juga akan terus melakukan peningkatan kualitas pelayanan di DPAD Kota Cilegon,” tuturnya.

Nur menjelaskan, penilain lomba tersebut dimulai dari 26 Maret 2019. Seleksi administrasi dilakukan pada  8 dan 9 April 2019. Verifikasi lapangan dilakukan pada 18 April 2019. Pihaknya juga melakukan presentasi tentang kebijakan kearsipan yang meliputi kebijakan dalam pengelolaan arsip dinamis. “SDM kearsipan, sarana dan prasarana dan tentunya pembinaan kearsipan karena daerah bertanggung jawab dalam memberikan bimbingan pembinaan ke perangkat daerah juga,” ujarnya.

Dikatakan Nur bahwa untuk instrumen kearsipan sebagai dasar pengelolaan arsip dinamis seperti yang tertuang dalam UU 43/2009 tentang Kearsipan yaitu tata naskah dinas, kode klasifikasi, jadwal retensi arsip dan klasifikasi akses telah ada di DPAD berupa Peraturan Walikota (Perwal).

Pengelolaan arsip statis seperti penyusunan daftar, inventaris dan guide juga tersedia di DPAD Kota Cilegon. Selain itu, SDM kearsipan, di Cilegon telah memiliki 13 arsiparis dengan jenjang ahli dan terampil. “Untuk sarana dan prasaran kita sudah memiliki depo dan record center. Pengelolaan dan kebijakan kearsipan yang dilakukan telah berdasarkan Perda (Peraturan Daerah) Kota Cilegon Nomor 8 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Kearsipan di Lingkunga Kota Cilegon,” terangnya.

Kepala Bidang Kearsipan DPAD Kota Cilegon Eem Rohaemi mengatakan, yang dinilai program kegiatan-kegiatan, SDM, implementasi dari program yang berdampak ke masyarakat. “Seperti waktu banjir di Cilegon beberapa rumah terkena banjir arsip milik korban banjir bisa direstorasi dalam bentuk arsip digital, dan itu disetujui ANRI,” jelasnya. (gillang)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook