Ramadan, Perpustakaan Tetap Berikan Pelayanan

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Kamis, 09 Mei 2019 - 13:19:07 WIB   |  dibaca: 379 kali
Ramadan, Perpustakaan Tetap Berikan Pelayanan

SERANG - Sesuai dengan arahan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, pelayanan dibulan Ramadan tidak akan mengurangi jam pelayanan. Hal tersebut disampaikan Ajak Moeslim, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Banten.

Menurutnya, surat edaran untuk aparatur negeri sipil yang masuk jam 6 pagi dan pulang sampai dengan pukul 12.30 siang tidak mempengaruhi pelayanan perpustakaan di DPK Banten. Pihaknya masih memberikan pelayanan dari pagi hingga sore."Sesuai arahan Pak Gubernur, khusus untuk pelayanan dilakukan sesuai dengan jam kerja dan memberikan pelayanan yang terbaik," kata Ajak kepada Banten Raya, kemarin.

Ia menilai, perpustakaan sebagai sarana edukasi menjadi salah satu destinasi bagi masyarakat Banten untuk mengisi Ramadan dengan hal yang positif yaitu membaca buku, mencari literasi dan hiburan."Di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Banten memiliki pelayanan edukasi dan rekreasi, yaitu memiliki sarana nonton bersama di teater mini, ruang internet dan bahan bacaan," ungkapnya.

Senada disampaikan Usman Asshiddiqi Qohara, Kepala Bidang Deposit, Pengembangan Koleksi dan Layanan Perpustakaan pada DPK Banten, pelayanan maju satu jam dibandingkan hari biasanya.Ia menjelaskan, untuk pelayanan hari Senin sampai dengan hari Kamis pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 16.00 sore, 12.00 siang sampai dengan 12.30 siang jam istirahat kemudian dilanjut pukul 12.30 siang sampai dengan pukul 16.00 sore.

"Sedangkan untuk hari Jumat pelayanan pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 16.30 sore. Untuk pelayanan Hari Sabtu dan Minggu pukul 08.00 pagi sama dengan 12.00 siang," kata Usman menjelaskan.

Ia mengaku, jumlah kunjungan di Bulan Ramadan meningkat dibandingkan hari biasanya, karena bertepatan dengan jadwal liburan sekolah dan banyak masyarakat yang mengisi puasa dengan membaca buku dan mencari literasi.

Terpisah, Gubernur Banten Wahidin Halim menginstruksikan para pegawai di sektor pelayanan publik seperti rumah sakit, sekolah dan lainnya agar tetap memberikan pelayanan terbaik meskipun dalam kondisi tengah berpuasa. Meskipun Gubernur telah mengubah jam kerja ASN pada bulan ramadhan menjadi pulul 06.00 WIB hingga 12.30 WIB, namun tidak berlaku pada OPD sektor pelayanan yang diperintahkan Gubernur untuk tidak menghentikan pelayanan kepada masyarakat.

Hal itu terungkap saat Gubernur melakukan pemantauan pelayanan masyarakat di RSUD Banten, Jalan Syeh Nawawi Al Bantani, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Cipocok Jaya, Banjarsari, Serang, Banjarsari, Cipocok Jaya, Kota Serang, Rabu (8/5).

"Pelayanan jangan berhenti, ini nggak pernah berhenti. Harus ada dan hadir (pelayanan) rumah sakit, sekolah itu tidak boleh (berhenti). Kalau yang ada di kita kan banyaknya staf, masyarakat nggak ada yang datang, sistem komputerisasi sudah ada, online juga ada, jadi masyarakat nggak datang makanya pegawai boleh pulang," ujar Gubernur. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook