Pedagang Takjil Padati Alun-alun

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Jumat, 10 Mei 2019 - 11:46:27 WIB   |  dibaca: 313 kali
Pedagang Takjil Padati Alun-alun

PASTIKAN AMAN : Petugas Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang melakukan pengecekan kualitas daging sapi di Pasar Badak Pandeglang, kemarin.

PANDEGLANG - Pedagang takjil atau pedagang musiman yang sering muncul saat puasa Ramadan memadati kawasan Alun-alun Kabupaten Pandeglang, Kamis (9/5). Pantauan Banten Raya, jumlah pedagang musiman ini lebih banyak dibandingkan pada puasa Ramadan tahun sebelumnya, karena masyarakat yang tadinya tidak memiliki usaha dan pekerjaan memanfaatkan momen puasa untuk mencari nafkah sebagai pedagang takjil.

Asep pengunjung Alun-alun merasa terbantu dengan banyaknya penjual takjil, lantaran tidak perlu jauh-jauh mencari makanan untuk buka puasa. "Ya, sangat terbantu, karena kalau gak ada pedagang takjil mau beli makanan buat buka puasa dimana. Kalau masak juga kan susah, mendingan beli," kata Asep saat antre membeli takjil, kemarin.

Menurutnya, sudah menjadi kebiasaan dan tradisi di mana memasuki puasa Ramadan wilayah Alun-alun banyak masyarakat yang berjualan makanan khas untuk buka puasa. "Pedagang takjil mah setiap tahun pasti ada, kalau gak ada pasti alun-alun gak bakalan ramai," ujarnya.

Salah seorang pedagang takjil, Aldo membenarkan, pihaknya sengaja memanfaatkan puasa Ramadan untuk mendapatkan penghasilan sebagai pedagang takjil untuk buka puasa. "Daya beli masyarakat di bulan puasa Ramadan tahun ini sangat tinggi. Situasi seperti inilah kami manfaatkan untuk jualan makanan," ungkapnya.

Menurutnya, dengan adanya pasar kuliner Ramadan tentunya sangat memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha mikro untuk mengembangkan usahanya. "Ini merupakan sebuah kesempatan bagi para pelaku usaha mikro untuk mengembangkan usahanya. Karena dengan adanya pedagang makanan memudahkan masyarakat untuk mencari berbagai jenis takjil untuk berbuka puasa dan menjadi obyek wisata kuliner bagi masyarakat," ujarnya.

Sekretaris Satpol PP Pandeglang Rafatia Muhara Fitri mengatakan, para pedagang takjil di Alun-alun sudah mendapatkan izin dari pemerintah daerah karena sebelumnya sudah melakukan rapat koordinasi dengan dinas terkait. "Itu mah sudah ada koordinasi dengan DLH (Dinas Lingkungan Hidup). Kita hanya mendampingi saja," terangnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook