Beasiswa APBD 2019 Mulai Dibuka

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Selasa, 14 Mei 2019 - 12:19:14 WIB   |  dibaca: 639 kali
Beasiswa APBD 2019 Mulai Dibuka

SOSIALISASI: Kepala Dindikbud Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya memberikan arahan kepada para guru terkait rekrutmen calon penerima beasiswa dari APBD, Senin (14/5).

SERANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang menggelar pertemuan dengan perwakilan guru dari SMA se-Kabupaten Serang. Pertemuan yang digelar di SMA Negeri 1 Ciruas itu terkait dengan rekrutmen calon mahasiswa penerima beasiswa dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Serang untuk S-1 Kedokteran dan D-3 Vokasi Teknik Kimia Untirta serta program vokasi Universitas Indonesia.

Kepala Dindikbud Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya mengatakan, program beasiswa dari APBD Kabupaten Serang harus menjadi perhatian semua pihak. Pemkab Serang telah mengkondisikan program tersebut untuk mendorong masyarakat Kabupaten Serang untuk dapat mengikuti jenjang pendidikan perguruan tinggi yang memiliki prestasi seperti UI dan Untirta.

“Sekarang ini tinggal bagaimana masyarakat dan orangtua mendorong anak-anaknya untuk mengikuti program beasiswa dari dana APBD ini. Pemda telah menganggarkan untuk vokasi UI D-3, vokasi Untirta D-1 dan beasiswa untuk Fakultas Kedokteran Untirta,” kata Asep, Senin (14/5).

Ia menjelaskan, untuk jurusan vokasi UI D-3 yaitu jurusan akuntansi, administrasi perkantoran, perpajakan, visioterapi, kerumahsakitan, okupasi terapi, serta manajemen informasi dan dokumen. Sedangkan untuk yang vokasi Untirta D-1 yaitu, jurusan teknik kimia. “Sebenarnya kita juga membuka kesempatan ke STIA LAN (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara),” ujarnya.

Asep mengungkapkan, kuota beasiswa kedokteran Untirta sebanyak lima orang, vokasi UI D-3 sebanyak tujuh orang, dan untuk vokasi Untirta D-1 sebanyak 30 orang namun bisa berkembang sampai 60 orang. “Untuk yang UI full biaya pendidikan dan biaya hidup termasuk sewa kost. Kalau yang vokasi Untirta full kita tanggung biaya pendidikannya. Untuk STIA LAN kuota ada puluhan,” paparnya.

Adapun untuk rekrutmen calon penerima beasiswa tersebut, dindikbud memberikan kesempatan kepada sekolah paling lambat Kamis pekan ini untuk menyerahkan siswa yang akan mengikuti seleksi. “Kalau pendaftaran ke perguruan tingginya, kita mengikuti jadwal di masing-masing perguruan tinggi. Data yang dari sekolah ke dindikbud itu kita ingin mengidentifikasi saja berapa jumlah anak yang daftar di masing-masing jurusan,” katanya.

Adapun total anggaran yang disiapkan Pemkab Serang untuk beasiswa vokasi tersebut kurang lebih sebesar Rp650 juta yang terdiri dari vokasi UI sebesar Rp300 juta dan vokasi Untirta Rp350 juta. “Anggaran itu belum masuk untuk beasiswa kedokteran Untirta. Kemudian saya membebaskan biaya pendaftaran untuk 100 orang yang memenuhi kriteria yang ingin masuk ke UI. Semua jalur mandiri,” tuturnya.

Kepala SMA Negeri 1 Ciruas Mohamad Najih merespons positif program beasiswa tersebut karena beberapa anak didiknya belum bisa melanjutkan kuliah karena terkendala ekonomi. “Ini program yang sangat bagus. Memang pada tahun pertama informasinya telat tapi tahun ini lebih cepat. Kami rencananya akan mendaftarkan 10 orang siswa,” katanya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook