Inisiatif Guru Jadi Kunci Pretasi Siswa

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Rabu, 15 Mei 2019 - 11:26:45 WIB   |  dibaca: 138 kali
Inisiatif Guru Jadi Kunci Pretasi  Siswa

PANTAU : Wandi Wahyudin dan Popong Teti memantau siswa privat salah satu guru di ruang kelas, Selasa (14/5).

CILEGON – Tidak ada kata instan untuk bisa menorehkan prestasi, baik dalam bidang seni maupun akademik. Hal itu dilakukan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Cilegon yang selalu mempersiapkan siswanya untuk bisa menoreh prestasi lewat privat yang dilakukan dewan guru.

Kepala SDN 2 Cilegon, Popong Teti menyatakan, ada sekitar 37 tropi juara yang ditorehkan SDN 2 Cilegon dalam berbagai ajang seni dan akademis. Metodenya, kata Popong, adalah dengan membina secara langsung siswa yang ikut sebagai peserta usai belajar mengajar sekolah. Bahkan, tidak jarang guru juga mengajarkannya dirumah.

“Kalau saya karena saya itu bidang IPA maka biasanya sebelum sarapan pagi bersama dengan teman-teman siswa belajar dahulu di ruang kerjas saya, ini dilakukan semata-mata agar ada persiapan yang maksimal,” katanya kepada Banten Raya, Selasa (14/5).

Popong menjelaskan, semuanya dilakukan dewan guru tanpa pamrih, para guru hanya berharap memiliki kebanggan saat siswanya dipanggil sebagai juara, kendati hanya juara tiga atau dua.“Ini inisiatif yang kami (guru) lakukan. Kasihan kalau melihat siswa pas pengumunan juara tidak dapat, minimal kami ini sebagai guru ada kebanggan saat dipanggil kedepan,” jelasnya.

Tidak hanya melakukan privat kepada peserta saat menjelang lomba, pungkas Popong, seleksi juga sudah dilakukan semenjak siswa menghadapi tahun ajaran baru. Hal itu, untuk memastikan bibit-bitit potensial terseleksi secara baik, sehingga saat lomba para guru tidak lagi bingung. Para guru, papar Popong, sudah memiliki referensi siswa yang akan ditampilkan.“Yah saat ajaran baru kami seleksi, mudah saja yang seni dan akademik dipisahkan dan ada guru masing-masing,” paparnya.
 
Sementara itu, Ketua PGRI Kota Cilegon yang juga menjadi Kepala Unit Pengelola Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan Kecamatan Jombang, Wandi Wahyudin menjelaskan, metode tersebut harus dicontoh oleh sekolah lainnya yang ada di Kecamatan Jombang, sehingga prestasi bisa diraih.“Secara kemampuan kami yakin merata baik seni danakademis disekolah lainnya, tinggal metode yang sistematis dan bik seperti yang ada di SDN 2 Cilegon diterapkan secara baik,” singkatnya.

Wandi menjelaskan, pada 2019 mendekati ajaran baru diharapkan sejumlah sekolah juga sudah mulai melakukan pemetaan terhadap potensi siswa, sehingga akan banyak bibit unggul yang bisa tampil dengan maksimal.“Kami tentu bangga dan akan mendorong semua sekolah untuk maksimal dalam berbagai laga atau perhelatan prestasi, baik seni maupun juga akademik, targetnya bisa jadi nasional nanti,” paparnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook