Siapkan Pelayanan Digital Simapan

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Rabu, 15 Mei 2019 - 11:32:29 WIB   |  dibaca: 147 kali
Siapkan Pelayanan Digital Simapan

BELAJAR : Sejumlah operator pelayanan tengah belajar aplikasi Simapan, Selasa (14/3).

CILEGON - Pemerintah Kelurahan Bagendung, Kecamatan Cilegon menyiapkan aplikasi pelayanan digital bernama Sistem Manjemen Kecamatan dan Kelurahan (Simapan). Aplikasi tersebut kedepannya bisa diakses oleh warga untuk bisa melakukan pelayanan online lewat aplikasi dalam smartphone.

Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Kelurahan Bagendun, Deni Eka Wardana mengatakan, aplikasi tersebut sudah dibuat lewat kerjasama bagian pemerintahan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS) Kota Cilegon. Kendati sudah ada aplikasi, Namun, untuk sekarang belum bisa dilakukan integrasi data sampai kecamatan dan dinas."Sudah ada aplikasinya, hanya baru bisa digunakan secara internal. Sebab belum terintegrasi, kedepannya nanti warga cukup melalukan pelayanan via digital," katanya kepada wartawan, Selasa (14/5).

Sebelum implementasi aplikasi kepada warga, Denay panggilan akrab Deni Eka Wardana menjelaskan, pemerintah kelurahan terlebih dahulu akan melengkapi fasilitas infrastruktur untuk pelayanan, seperti pembaruan meja pelayanan serta sejumlah fasilitas penunjang lainnya."Semoga saja targetnya terjekejar tahun ini bisa implementasi aplikasi online. Sementara itu, sebelum ada kami akan melakukan renovasi dan melengkapi fasilitas pelayanan terlebih dahulu, sehingga warga semakin nyaman," paparnya.

Sementara itu, Lurah Bagendung, Safiudin menjelaskan, dengan adanya pelayanan online diharapkan warga semoki mudah dalam melaksanakan pelayanan, sehingga pelayanan juga bisa berjalan secara efektif karena cepat dan tidak butuh proses untuk datang kekantor, serta pelayanan akan semakin efisien, selain kertas warga tidak mesti merogoh koceknya untuk mendatangi kantor kelurahan.“Ini akan menjadi hal yang luar biasa, pelayanan memang kedepannya harus semakin mempermudah warga, terutama warga yang sibuk bekerja seperti di Kota Cilegon ini,” ungkapnya.

Safiudin menyampaikan, dengan adanya aplikasi peleyanan online, secara adminitrasi juga akan memudahkan pemerintah kelurahan sendiri. Kedepan, kata Safiudin, tidak ada alasan terhambat karena kepala seksi atau lurah maupun seklur tidak ada. Sebab, tandatangan juga kemungkinan akan melalui tandatanan digital.“Semakin mudah dan cepat. Kedepan dimanapun jika sudah lengkap berkasnya saya bisa approval tandatangan,” pungkasnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook